Safari Ramadhan Sabhara Polda NTB, Sarana Polri Dekatkan Diri Dengan Masyarakat

Mataram – Hari ini (01/06) masih dalam nuansa bulan suci Ramadhan 1438 H, anggota ton 3/1 direktorat Sabhara Polda NTB dibawah pimpinan Bripka I Komang Alit Tripiana, melaksanakan patroli rutin di wilayah hukum Kota Mataram dan sekitarnya. Pada patroli kali ini, anggota Ton 3/1 melaksanakan berbagai macam kegiatan positif dan bermanfaat bagi masyarakat, sebagai wujud pelaksanakan tugas pokok kepolisian sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

        

Mengawali patroli siang menjelang sore ini, anggota ton 3/1 melaksanakan kegiatan empati seribu rupiah sebagaimana biasanya kepada masyarakat yang membutuhkan. Empati pertama kami salurkan kepada Papuq Dadong Tista yang telah berusia 85 tahun. Beliau mengalami tuna netra sejak lahir. Untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, beliau hanya mengharapkan belas kasih dari tetangga yang dermawan. Beliau tinggal seorang diri di daerah Pagesangan Saren, Gang Singaraja, Kota Mataram. Semoga bantuan yang kami berikan ini dapat membantu papuq untuk meringankan beban hidup selama ini, dapat bernilai ibadah dan berkah di sisi Allah / Tuhan YME terlebih kita masih dalam suasana bulan yang penuh dengan rahmat-Nya.

      

Selanjutnya anggota ton 3/1 mengunjungi pasar Cakranegara. Setiba di lokasi, anggota berdialog dengan tukang parkir agar mewaspadai aksi 3C terutama curanmor yang kerap terjadi di tempat-tempat keramaian, termasuk pasar. Anggota juga berdialog dengan para pedagang yang sedang menjajakan dagangannya untuk mengecek/memastikan kestabilan harga beberapa bahan pangan pada bulan ramadhan dan menjelang hari raya nanti. Sehingga tidak memberatkan masyarakat yang membutuhkan. Situasi pasar aman dan terkendali.

        

Masih ditempat yang sama, berhubung waktu semakin sore arus lalu lintas yang melewati jalan di sekitar pasar Cakranegara pun mulai ramai dan memadat. Untuk mengurai arus kendaraan yang sempat macet dan semrawut, anggota melakukan giat pengaturan lalu lintas di sepanjang jalan tersebut. Kemacetan yang sempat terjadi pun perlahan dapat terurai kembali. Situasi lalu lintas terpantau ramai lancai.

        

Anggota pun melanjutkan patroli ke target berikutnya. Tepat di Jalan Selaparang, Gang Alpukat,  Sweta barat, Kelurahan Mayura, Kec. Cakranegara anggota ton 3/1 mendatangi rumah Papuq Minah, 103 tahun. Seorang nenek tua yang tinggal seorang diri di rumah sederhananya. Dalam kesehariannya, beliau dikenal sebagai nenek yang baik hati oleh tetangganya. Pekerjaannya mengumpulkan sampah-sampah plastik untuk dijual. Melihat kondisi yang memprihatinkan, anggota memberikan empati yang diharapkan dapat mengurangi beban hidup beliau dari sisi ekonomi. Semoga bermanfaat.

       

Mengingat waktu sudah menunjukkan pukul 17.45 WITA yang artinya tiga puluh menit lagi azan magrib akan berkumandang dan tentunya tiba waktu berbuka puasa, anggota menyudahi patroli ini. Namun, bukan berarti selesai begitu saja, anggota ton 3/1 pada patroli ini juga sekaligus melaksanakan safari ramadhan dengan mengunjungi masjid/tempat ibadah. Dalam hal ini, anggota menyambangi Masjid Agung Al-Muttaqim, Cakranegara untuk berbagi takjil sekaligus buka puasa bersama masyarakat setempat. Kehadiran kami disambut antusias oleh masyarakat yang hadir. Hal ini membuat suasana di masjid tersebut lebih berbeda dengan sebelumnya, karena ada pak polisi.

         

Sementara sebagai wujud toleransi, anggota yang non muslim turut serta membantu jamaah yang akan ke masjid dengan melaksanakan pengaturan arus lalu lintas di sekitar masjid tersebut.

       

Diharapkan melalui momen ini dapat terjalin komunikasi dan silaturrahmi yang baik antara polri dengan masyarakat. Sehingga situasi yang kondusif & toleransi ditengah kebinekaan di wilayah NTB khususnya dapat terpelihara dengan baik. (TON 3/1)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close