Kapolres Bima Kota : Jadikan Pancasila Sebagai Pedoman Dan Landasan Dalam Bermasyarakat Dan Bernegara

Garuda Pancasila simbol Bhineka Tunggal Ika

Mataram – Hari Kelahiran Pancasila Ke 72 yang diperingati hari ini, Kamis (1/6) menjadi momentum berharga untuk kita semua. Kapolres Bima Kota AKBP Ahmad Nurman Ismail, SIK memberikan arahan pada saat upacara memperingati lahirnya pancasila di lapangan apel Mapolres Bima Kota untuk menjadikan pancasila sebagai pedoman dan landasan dalam bermasyarakat dan bernegara guna terwujudnya stabilitas kamtibmas.

Pada momentum tersebut Kapolres Bima Kota AKBP Ahmad Nurman Ismail, SIK menuturkan kepada media tentang pentingnya rasa toleransi dan tenggang rasa antar umat beragama.

“Kami mengajak masyarakat di Kabupaten dan Kota wilayah hukum Polres Bima Kota agar dapat saling menghormati dan bekerjasama antar pemeluk agama sehingga terbina kerukunan hidup beragama,” ujar AKBP Ahmad Nurman Ismail, SIK saat ditemui media dilapangan Mapolres Bima Kota.

Jika seluruh lapisan masyarakat telah berpedoman dan berlandaskan kepada pancasila, tanpa memandang background dari masing-masing orang maka kerukunan hidup bermasyarakat bangsa dan negara akan berjalan dengan baik.

“Kita Pancasila, mari kita jaga Kebhineka Tunggal Ika dan NKRI. Jangan saling menghina, memojokkan, menjatuhkan sesama bangsa. Tepis semua perbedaan yang ada. Karena dari perbedaan itu kita bisa menjadi bangsa yang lebih kuat,” tuturnya.

Seharusnya persamaan derajat, persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia harus seimbang. Tidak boleh semena-mena terhadap orang lain dan harus bisa menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

“Jika hal itu diterapkan dengan baik dan seksama, maka perpecahan antar kelompok warga dapat dihindarkan. Ini semua demi  keamanan daerah dan kesatuan berbangsa dan bernegara,” sambung orang nomor satu di Polres Bima Kota. (yos/cle)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close