Dit Sabhara Polda NTB Intensifkan Patroli Di Bulan Ramadhan Dan Giat Empati Rp.1000

Mataram – Dit Sabhara Polda NTB. Rabu (31/05/2017). Gangguan terhadap keamanan dan kertiban masyarakat (kamtibmas) akhir-akhir ini bersumber dari berbagai permasalahan sosial di dalam kehidupan masyarakat. Bentuk-bentuk kejahatan saat ini semakin beragam bahkan dengan modus operandi sangat canggih. “Memahami aksi kejahatan tersebut, Polri menyadari tidak dapat bekerja sendiri. Kesungguhan dan komitmen kerja sama dari semua pihak serta stakeholder harus dirancang dengan baik dalam konsep pemeliharaan kamtibmas. Sehubungan itu, lanjutnya, negara telah mengatur di dalam sistem pengamanan swakarsa dengan melibatkan potensi msyarakat untuk mendukung Polri dalam memelihara kamtibmas, salah satunya membentuk satuan pengamanan (Satpam/Polmas) untuk melakukan tugas-tugas kepolisian yang bersifat preventif di tempat tertentu dengan kewenangan terbatas. Terlebih lagi di bulan yang penuh berkah yaitu Bulan Ramadhan.

Oleh karenanya, Ton 2 Ki 1 Subdit Dalmas , Dit Sabhara Polda NTB , yang dipimpin langsung oleh BRIPKA IMBING SUSANTO anggota Ton 2 Ki 1 melaksanakan patroli rutin dengan mengunjungi beberapa tempat yang rawan tindak kejahatan dan sekaligus melaksanakan kegiatan preventif.

Diawali berpatroli di seputaran Pasar Kebon Roek Ampenan. Anggota patroli Ton 2 Ki 1 berdialogis dengan para penjual di pasar kebon roek. Anggota patrol memberikan himbauan sekaligus mencegah premanisme di daerah pasar. Anggota patrol juga berdialogis dengan penjualan Petasan/Kembang Api. Anggota patroli memberikan himbauan agar tidak memperjual belikan petasan/kembang api yang berdaya ledak tinggi (explosive) karna dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Selanjutnya anggota patroli melaksanakan giat pengaturan lalu lintas di depan pasar kebon roek mengingat di depan pasar sering terjadi kemacetan yang menyebabkan penumpukan kendaraan di karenakan banyaknya Cidomo dan kendaraan yang memarkirkan kendaraannya di bahu jalan.

anggota patroli melaksanakan giat pengaturan lalu lintas di depan pasar kebon roek
anggota patrol berdialogis dengan penjualan sekaligus mencegah premanisme
memberikan himbauan kepada pedagang petasan/kembang api

 

Selanjutnya anggota patroli bergeser ke pusat perbelanjaan yang ada di Mataram yaitu Epicentrum. Anggota patroli berdialogis dengan security/satpam. Anggota patroli memberikan himbauan agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap oknum-oknum tindak kejahatan di pusat perbelanjaan dan selalu menjaga kamtibmas. Berikutnya anggota patroli berdialogis dengan pengunjung epicentrum. Anggota patroli memberikan pesan-pesan kamtibmas agar selalu menjaga barang berharga dan tidak lengah pengawasaannya terhadap anak-anaknya.

berdialogis dengan security Epicentrum
Anggota Polwan Berdialogis dengan pengunjung Epicentrum

Berhubung bulan ini adalah bulan penuh berkah yaitu bulan Ramadhan. Anggota patroli membawa 2 buah Sembako Giat Empati Rp.1000 Polda NTB. Target pertama adalah kepada Bapak Hasim yang berumur 70 tahun,pekerjaan pemulung yang beralamat Lombok Timur. Beliau menetap di Kota Tua Ampenan. Target kedua adalah Ibu Mawar yang beralamat di Desa Taman Ayu,Gerung,Lombok Barat. Beliau berumur 72 Tahun. Beliau menderita kebutaan (Tuna Netra) dan menderita Tuna Rungu. Beliau hidup berharap belas kasihan kepada tetangganya.

anggota patroli memberikan sembako kepada Bapak Hasim
anggota patroli memberikan sembako kepada Ibu Mawar

 

Diharapkan dengan ditingkatkannya patroli rutin di bulan Ramadhan ini dapat menekan angka kriminalitas dilingkungan masyarakat, sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman. (L)

 
 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close