Pemalsu STNK Diamankan, Ada 70 STNK Palsu Sudah Beredar di Mataram

release STNK palsu di Polsek Cakranegara

Mataram – Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) palsu buatan FD (35), laki-laki asal Rumak Barat Selatan, Desa Rumak, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, terbongkar Polsek Cakranegara Sabtu (27/5).

Berdasarkan keterangan awal yang bersangkutan, STNK palsu tersebut saat ini sudah beredar ada sekitar 70an STNK di Mataram. Seperti diungkapkan Kapolsek Cakranegara Kompol Haris Dinzah SIK kepada media, pihaknya berhasil mengamankan STNK palsu lainnya dan beberapa alat untuk mencetak STNK palsu.

“Pelaku mencetaknya dengan alat-alat yang ada di rumahnya. STNK palsu dibuat tergantung pesanan dari konsumen,” ujar Kapolsek saat release di Polsek Cakranegara, Selasa (30/5).

Modus yang dilakukan tersangka, dengan membeli STNK kosong yang kemudian diisi data kendaraannya sesuai dengan permintaan konsumennya. Menurut pengakuan yang bersangkutan, pemalsuan tersebut dilakukan sebagai profesi mata pencahariannya dari tahun 2013 hingga ia tertangkap.

release STNK palsu di Polsek Cakranegara

“Menurut keterangan pelaku, membuat STNK palsu ini sesuai dengan pesanan Konsumen ,tersangka memperoleh lembaran STNK kosong yang dibeli dengan harga Rp. 150.000,- dijual Rp 1.000.000 untuk sepeda motor dan untuk STNK mobil dibeli Rp. 250.000 dijual Rp 2.500.000. dan pelaku sudah sekitar 70 STNK palsu yang dibuat kemudian dijual,” pungkasnya.

Di kediaman pelaku, polisi berhasil menyita 60 STNK yang sudah diisi, dua STNK kosong, satu STNK hasil scan, empat buah pensil, 15 plastik bungkus STNK, satu set alat, dua tas ukuran kecil dan dua buah ponsel.

“Saat ini pelaku dan barang bukti diamankan dan dalam proses penyidikan unit reskrim Polsek Cakranagara,” tandasnya. (yos)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close