Sabhara Polda NTB Bersama Mitra Keamanan dan Masyarakat Wujudkan Kamtibmas Kondusif Selama Ramadhan

Mataram – Hari ini (29/05) anggota ton 3 ki 1 Direktorat Sabhara Polda NTB melaksanakan patroli rutin ke beberapa tempat di wilayah hukum Kota Mataram dan sekitarnya untuk mengantisipasi terjadinya berbagai aksi kejahatan di tengah-tengah masyarakat. Beberapa lokasi yang akan dikunjungi adalah kompleks perumahan, tempat-tempat umum dan pusat-pusat keramaian masyakarat. Selain mencegah aksi kejahatan, patroli dialogis malam ini juga dilaksanakan untuk membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat agar lebih aktif/peduli dengan lingkungan di sekitar tempat tinggalnya. Karena untuk mewujudkan kamtibmas yang aman, tertib dan kondusif dibutuhkan kerjasama yang baik antara polri selaku penanggung jawab keamanan dan masyarakat, security, dsb sebagai mitra keamanan polri.

Mengawali patroli ini, anggota Ton 3/1 dibawah arahan Bripka I Komang Alit Tripiana menyambangi perumahan Grand Kodya Jempong. Anggota berdialog dengan security yang sedang berjaga agar selalu waspada dalam melaksanakan tugas karena cuaca pada malam hari ini kurang mendukung. Untuk itu, kewaspadaan dan kesiapsiagaan harus lebih ditingkatkan. Anggota juga memberikan beberapa pesan-pesan kamtibmas kepada security setempat, diantaranya agar setiap minimal satu jam sekali melakukan patroli di sekitar area perumahan guna mengecek barangkali ada pintu yang belum terkunci, gerbang masih terbuka, dsb. Anggota juga mengingatkan agar portal ditutup pada waktunya. Menurut pihak security, situasi keamanan dan ketertiban sejauh ini aman dan terkendali dalam pengawasan. Tidak pernah ada kehilangan-kehilangan seperti dulu lagi.

     

Setelah memastikan situasi keamanan di perumahan Grand Kodya kondusif, selanjutnya anggota Ton 3/1 menyambangi perumahan Aura Mutiara, Pagutan. Setiba di lokasi, anggota menjumpai seoang petugas jaga malam yang sedang bertugas. Anggota menghimbau penjaga malam agar tetap waspada dalam melaksanakan tugas dan mewaspadai aksi 3C mengingat aksi ini sering terjadi terutama pada malam hari. Terlebih saat ini telah memasuki bulan Ramadhan yang mana terkadang kita lengah dengan keamanan lingkungan tempat tinggal karena lelah seharian berpuasa. Untuk itu, selaku pemegang fungsi keamanan tentunya harus bertanggung jawab dalam menjalankan tugas. Berdasarkan pantauan langsung dan dialog dengan petugas keamanan setempat, situasi di sekitar perumahan aman dan kondusif.

     

Selanjutnya anggota ton 3/1 menyambangi perumahan Lingkar Asri, Bajur, Kecamatan Labuapi, Anggota berdialog dengan salah satu warga dari RT 1 menanyakan situasi kamtibmas di sekitaran perumahan yang ia tempati. Menurutnya, selama ini situasi kamtibmas di lingkungannya aman dan kondusif, warga setempat juga ikut aktif dalam menjaga keamanan, ketertiban, kebersihan dan kenyamanan di tempat tinggal masing-masing. Sehingga dapat turut serta membantu aparat keamanan dalam menciptakan situasi yang diingikan. Anggota Ton 3/1 tidak lupa memberikan apresiasi atas kerjasama yang baik dari warga perumahan Lingkar Asri dan memberikan himbauan agar lebih meningkatkan kewaspadaan terutama pada malam hari dan waktu-waktu rawan.

     

Melalui kegiatan patroli ini diharapkan dapat menciptakan komunikasi, sinergitas dan mempererat tali silaturrahmi antara polri dan masyarakat maupun mitra kemanan lainnya. Sehingga dapat mewujudkan rasa aman, nyaman, dan kondusif bagi masyarakat dalam menjalani kativitas sehari-hari. (TON 3/1)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close