Tuhan Akan Menolong Seorang Hamba, Selama Seorang Hamba Itu Senantiasa Menolong Saudaranya

Mataram – Hari ini (26/05) anggota Ton 3/1 direktorat Sabhara Polda NTB melaksanakan patroli dialogis ke beberapa lokasi yang rawan dengan aksi kejahatan terutama 3C dan aksi premanisme sesuai dengan quick wins polri nomor 6 di wilayah hukum Kota Mataram dan sekitarnya. Patroli ini dilakukan untuk mencegah bertemunya niat dan kesempatan yang dapat menimbulkan aksi-aksi kejahatan seperti yang tertera di atas. Tempat-tempat umum dan pusat-pusat keramaian seperti pasar dan objek wisata merupakan beberapa lokasi yang akan dikunjungi siang ini.

      

Anggota ton 3 ki 1 yang dipimpin langsung oleh Bripka I Komang Alit Tripiana mengawali patroli hari ini dengan menyambangi Pasar Cakranegara. Anggota berdialog dengan tukang parkir dan beberapa pendagang yang berjualan di pasar tersebut. Anggota menghimbau dan memberikan pesan-pesan kamtibmas agar selalu waspada dengan aksi 3C, terutama curanmor dan aksi preman & premanisme. Seperti yang kita ketahui pasar adalah salah satu lokasi yang paling sering terjadi aksi curanmor dan aksi preman yang melakukan pungutan-pungutan liar kepada para pedagang maupun tukang parkir. Jika menemukan hal-hal seperti itu, kami harapkan segera melaporkan kepada pihak yang berwajib dalam hal ini pihak kepolisian terdekat.

     

Saat akan melanjutkan ke lokasi patroli berikutnya, langkah kami terhenti akibat kumandang azan solat Jumat terdengar. Sebagai bentuk keimananan dan ketakwaan kepada Allah SWT, anggota yang beragama muslim melaksanakan solat zuhur di Masjid Agung Nurul Yaqin, Bertais. Setelah menunaikan solat, anggota berdialog dengan beberapa jamaah guna memberikan himbauan agar tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu kaitannya dengan sara yang banyak ditemukan di berbagai media dan selalu waspada dengan ancaman terorisme yang baru-baru ini terjadi. Kami mengingatkan agar lebih selektif dan dewasa dalam mencerna berita yang ada.

      

Memantu masyarakat yang mogok

 

Disamping menjalankan tupoksi sebagai anggota sabhara, anggota Ton 3/1 juga turut serta membantu pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan yang masih tinggi di wilayah NTB melalui kegiatan empati seribu rupiah Polda NTB. Kegiatan ini juga merupakan implementasi Quick Wins Polri no.6, Polisi sebagai penggerak revolusi mental dan tertib sosial di ruang publik. Selain itu, yang paling utama kegiatan ini dilakukan sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat dan rezeki yang telah dititipkan kepada kami selaku aparat kepolisian yang selanjutnya akan disalurkan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Tidak jauh dari Masjid Nurul Yaqin, Bertais anggota ton 3/1 memberikan paket empati kepada Papuq Nisah, yang telah berusia usia 86 tahun. Saat ditemui beliau sedang bekerja mencari barang-barang bekas di pinggir jalan. Diketahui beliau tidak mempunyai keluarga dan mengalami penyakit saraf pada kepalanya. Beliau tinggal di Gerimax Indah, Kecamatan Sandubaya. Semoga sedikit bantuan yang kami berikan dapat membantu mengurangi beban ekonomi beliau.

     

Selanjutnya anggota ton 3/1 meneruskan patrol ke objek wisata Suranadi. Anggota berdialog dengan tukang parkir agar selalu mewaspadai aksi 3C. Tidak lupa berdialog dengan para pengunjung yg berwisata maupun yang sedang beribadah di Pure Suranadi agar turut berpartisipasi dalam menjaga situasi keamanan, ketertiban dan kebersihan dengan menjadi masyarakat yang aktif dan peduli lingkungan.

      

Tidak jauh dari lokasi wisata Suranadi, anggota ton 3/1 menyambangi rumah Tuaq Saman, yang sudah berusia 72 tahun. Beliau tinggal sebatang kara di rumah tetangga yang sangat kumuh dan kondisinya sangat memprihatinkan. Terletak di desa Gontoran Suranadi untuk memberikan 1 buah paket empati. Diharapkan bantuan ini dapat meringankan kehidupan Tuak Saman.

     

Semoga segala upaya yang telah kami lakukan melalui patroli dialogis ini dapat menekan angka kejahatan di masyarakat. Sehingga masyarakat tidak perlu takut dan cemas lagi dengan adanya aksi kejahatan. Kami juga menghimbau agar masyarakat tidak lengah dan selalu waspada dengan ancaman-ancaman yang selalu mengintai. (TON 3/1)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close