Dit Sabhara Hadir Di Tengah-Tengah Masyarakat Untuk Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Menjelang Bulan Puasa

Mataram – Dit Sabhara Polda NTB. Kamis (25/05/2017). Kepolisian Negara Republik Indonesia yang selanjutnya disebut Polri adalah alat penegak hukum yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegak hukum, dan memberikan perlindungan, pengayoman, serta pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri. . Kegiatan patroli adalah kegiatan sehari-hari bagi anggota Polri yang berdinas di Dit Sabhara termasuk anggota Dalmas Polda NTB yang merupakan ’’The Police Backbone’’, kehadiran Polisi di tengah-tengah masyarakat sangatlah diperlukan terlebih hadirnya mobil patroli dan lampu rotator berwarna biru yang menyala akan berdampak pada Kamtibmas di wilayahnya. Masyarakat akan merasa aman dan ruang gerak para pelaku kejahatan juga akan semakin dibatasi karena kehadiran patroli tersebut. Kegiatan Patroli tersebut sering juga diisi dengan patroli Dialogis dengan warga masyarakat yang dijumpai, hal ini selain ingin menujukan sikap humanis seorang anggota Polri namun juga di maksud untuk mendapatkan informasi dari masyarakat tentang kerawanan-kerawanan yang timbul di daerahnya.

Untuk menanggapi hal diatas, Patroli Dit Sabhara Polda NTB Subdit Dalmas Ton 2 Ki 1 melaksanakan patroli rutin yang dipimpin oleh Bripka Imbing Susanto. Diawali berptroli di Gereja-gereja yang ada di seputaran Mataram yaitu Gereja GKI Rock dan Gereja GPIB Imanuel. Anggota patroli berdialogis dengan Security,kami memberikan himbauan kepada security agar selalu meningkatkan kewaspadaan  terhadap tindak kejahatan dan selalu meningkatkan kewaspadaan mengingat teror terkait  Bom Bunuh diri di Kampung Melayu,Jakarta. Sekaligus anggota patroli memberikan rasa aman, nyaman dan Khidmat terhadap Jemaat yang sedang melaksanakan Ibadah yaitu Kenaikan Isa Al-Masih .

Berdialogis dengan Security Gereja GKI Rock
Berdialogis dengan Security Gereja GPIB Imanuel

Selanjutnya anggota patroli bergeser ke Depan Mall Mataram. Anggota patroli berdialogis dengan Penjalan Kembang Api/Mercon,anggota Patroli menghimbau agar penjualan tidak memperjual belikan kembang Api yang ledakannya sangat besar, karena dapat membahayakan orang lain dan diri sendiri. Berikutya anggota patroli menuju daerah wisata,yaitu Makam Batu Layar dan Pantai Duduk,Lombok Barat. Anggota patroli berdialogis dengan para pengunjung dan orang tua dari anak-anak yang sedang bermain di pinggir pantai. Anggota patroli memberikan himbauan agar waspada terhadap gelombang air laut yang tinggi di karenakan cuaca yang tidak mendukung,sekaligus anggota patroli menghimbau selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman-ancaman tindak kejahatan di sekeliling kita agar terciptanya Kamtibmas yang mantab.

menghimbau terhadap pedagang petasan
anggota patroli berdialogis dengan pengunjung Makam Batu Layar
anggota patroli berdialogis dengan pengunjung Pantai Duduk sekaligus memberikan himbauan

 

Di tengah perjalanan pada saat patroli di Jalur Sandik,Gunugsari,Lombok barat anggota Ton 2 Ki 1 menemukan seorang ibu yang sedang memulung. Untuk itu anggota patrol memberikan sebuah sembako Giat Empati Rp.1000. Beliau bernama Ibu Mahrib yang berumur 65 Tahun dan alamat beliau Di pinggir Pantai Batu Layar.

anggota patroli memberikan sembako kepada Ibu Mahrib

Diakhir pelakasanaan tugas dalam apel Konsolidasi Bripka Imbing Susanto berpesan “Hal terpenting yang harus di pahami, bahwa Polri harus  selalu terdepan sebagai pelayan,pelindung dan pengayom masyarakat serta sahabat bagi masyarakat yang menciptakan kondisi Kamtibmas yang kondusif ”. (M)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close