Sabhara Polda NTB Ciptakan Rasa Aman Jelang Bulan Ramadhan

Mataram –  Selasa (23/05) anggota direktorat Sabhara Polda NTB melaksanakan patroli rutin menjelang bulan Ramadhan yang jatuh beberapa hari lagi. Malam hari merupakan waktu yang paling rawan untuk terjadinya berbagai aksi kejahatan. Karena pada waktu itu kita gunakan untuk istirahat sehingga kadang-kadang kita lalai atau lengah dengan keamanan di sekitar lingkungan tempat tinggal kita. Menanggapi dan untuk mengantisipasi berbagai tindak kejahatan seperti curas, curat maupun curanmor yang akhir-akhir ini sering terjadi apalagi mendekati bulan Ramadhan, anggota Ton 3/1 yang berada di bawah arahan Bripka I Komang Alit Tripiana selaku danton melaksanakan patroli rutin ke beberapa daerah rawan aksi tersebut. Anggota Ton 3/1 dengan kekuatan 19 orang melakukan patroli ke beberapa perumahan di wilayah Kota Mataram dan sekitarnya yang disinyalir menjadi sering terjadi tindak kejahatan seperti tersebut di atas.

    

Mengawali patroli malam ini, anggota menyambangi perumahan Reverside Park Residence yang terletak di Sweta Timur dan berdialog dengan security setempat. Anggota menghimbau agar selalu waspada dengan berbagai aksi kejahatan yang dapat mengancam keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat khususnya penghuni perumahan tersebut. Untuk itu, selaku aparat kepolisian kami menyarankan kepada pihak security agar sesekali melaksanakan patroli pada jam-jam rawan di sekitar perumahan guna pengecekan dan pemantauan situasi keamanan. Secara umum, situasi kamtibmas yang kami lihat aman dan kondusif, tetapi tingkat kewaspadaan harus tetap terjaga.

     

Selanjutnya anggota patroli ton 3/1 menuju ke wilayah Sandik karena di daerah tersebut terdapat perumahan-perumahan yang rawan dengan aksi kejahatan. Setiba di lokasi, anggota membangunkan salah satu security di perumahan Puri Meninting yang tertidur saat jam dinasnya. Anggota memberikan teguran lisan agar tidak mengulangi kesalahan yang demikian untuk kedua kalinya. Anggota juga menghimbau kepada penjaga malam agar selalu waspada mengingat aksi kejahatan yang sering dilakukan pada jam-jam rawan. Untuk mencegah itu semua, kami menghimbau agar selalu mewaspadai orang yang keluar masuk wilayah perumahan.

    

Setelah dari perumahan Puri Meninting selanjutnya anggota menyambangi perumahan Bale Pelangi dan berdialog dengan security setempat tentang situasi kamtibmas di daerah tersebut. Anggota juga memberikan pesan-pesan kamtibmas agar selalu meningkatkan kewaspadaan mengingat tingkat kejahatan pada malam hari lebih rawan dibanding siang hari. Anggota menghimbau agar pihak security menutup portal pada waktunya dan sesekali melakukan pengecekan di sekitar area perumahan.

    

Setelah melaksanakan patroli di daerah Sandik dan sekitarnya anggota menyambangi perumahan Permata Kota di Selagalas. Anggota berdialog dengan Babinsa dan security setempat untuk menggali informasi-informasi tentang situasi di daerah tersebut guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu kamtibmas.  Secara umum, situasi kamtibmas terpantau aman dan kondusif.

     

Diharapkan dengan adanya patroli rutin yang kami laksanakan ini dapat mengurangi dan mecegah berbagai aksi kejahatan yang sewaktu-waktu dapat mengancam kita. Kami selaku aparat kepolisian juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan membangun kesadaran diri terkait kamtibmas terutama di sekitar tempat tinggal kita masing-masing. (Ton 3/1)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close