Kapolda NTB : Kita Harus Betul-betul Wujudkan Pelayanan Publik

Kapolda NTB Brigadir Jenderal Polisi Drs. Firli, M.Si

Mataram – Pada upacara memperingati kebangkitan nasional ke 109 tahun 2017, Kapolda NTB Brigadir Jenderal Polisi Drs. Firli, M.Si menekankan, pelayanan publik yang mudah untuk rakyat perlu diwujudkan, sebagai bentuk inovasi menjadikan polri lebih baik.

“Kalau kita bicara tentang pelayanan publik kita harus bisa menyesuaikan dengan keinginan rakyat,” tutur Kapolda NTB pada upacara kebangkitan bangsa di Polda NTB, Senin (22/5).

Diungkapkan Kapolda NTB, Polri dalam memberikan pelayanan publik yang lebih baik menjadi titik berat Kapolri agar kedepan Polri bisa lebih berkompetitif.

“Saya ambil contoh, Kapolri sudah menggarisbawahi bahwa kita harus meningkatkan profesional, kita harus melakukan mobilisasai dan Kapolri juga menitikberatkan kepada pelayanan publik,”pungkasnya.

Keselarasan dengan pelayanan yang sesuai antara keinginan masyarakat dengan prosedur yang dimiliki Polri harus seimbang, pasalnya prosedur atau SOP kadang malah membuat pelayanan itu berlibet. Kapolda sendiri menginginkan SOP tersebut dapat disesuaikan tanpa adanya paksaan dari satu pihak, sehingga sasaran pelayanan yang maksimal dapat tercapai.

“Kita harus membuat SOP yang sesuai dengan keingingn publik, sop pembuatan sim disesuaikan dengan keinginan publik, SOP tentang SKCK disesuaikan dengan keinginan publik, jadi jangan paksa rakyat untu mengikuti SOP yang kita buat,” tambahnya.

Ditambahkan Kapolda NTB, Standar Operasional Prosedur itu sendiri harus tetap berinovasi dan fleksibel, namun tidak mengkesampingkan standar keamanan pelayanan itu sendiri.

“Kita harus berinovasi, kita tidak boleh mati karena standar yang dibuat, saya memberitahukan seperti ini supaya kita lakukan perbaikan, berikan pelayanan terbaik kepada rakyat yang mudah bagi rakyat, tetapi tetap kita menggunakan standar-standar pengamanan,” imbhnya. (yos)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close