Dit Sabhara Polda NTB Meningkatkan Stabilitas Kamtibmas dan Mengimplementasikan Revolusi Mental

Mataram – Dit Sabhara Polda NTB. Senin (22/05/2017). Dalam tugas memelihara situasi Kamtibmas, Polri mengenal apa yang dinamakan dengan Ambang Gangguan,Police Hazard (PH) atau Potensi Gangguan, dan Gangguan Nyata. Ambang Gangguan (GN) adalah situasi dan kondisi yang dapat menstimulir terjadinya gangguan kamtibmas. PH adalah situasi dan kondisi yang sangat potensial untuk menjadi gangguan kamtibmas dan oleh sebab itu membutuhkan kehadiran polisi. GN adalah gangguan kamtibmas yang telah terjadi baik berupa tindak pidana maupun bencana alam. Untuk mengantisipasi ketiga hal tersebut, polisi juga mempunyai 3 type tugas dan wewenang yaitu tugas Pre-emtif,Preventif dan Represif.

Oleh karenanya, Ton 2 Ki 1 Subdit Dalmas , Dit Sabhara Polda NTB , yang dipimpin langsung oleh BRIPKA IMBING SUSANTO kami melaksanakan patroli rutin dengan mengunjungi beberapa tempat yang rawan aksi 3C. Patroli ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas dan agar lebih mendekatkan Polri dengan masyarakat guna terjalinnya sinergitas yang kuat. Patroli kali ini dilaksanakan sebagaimana program kerja Kapolri yang tertuang baik itu dalam Commander Wish, Promoter, maupun Quick Wins Polri.

Disaat melaksanakan patroli anggota Ton 2 Ki 1 menemukan Pipa PDAM yang bocor di tengah jalan depan Mataram Mall. Untuk mengimplementasikan Quick Win No. 6, anggota patroli dan anggota Lantas Polres Mataram menutup lubang pipa PDAM yang bocor tersebut dan memberi tanda agar para pengendara yang melewati jalan tersebut agar menghindarinya dan tidak terlindas oleh kendaraan Roda 2 dan Roda 4.

anggota patroli Ton 2 KI 1 melaksanakan penutupan lubang pipa yang bocor

Selanjutnya dengan patroli di daerah Perumahan. Anggota patroli melaksanakan patroli rutin dengan mengunjungi Perumahan Asia Asri Regency. Kemudian dilokasi tersebut anggota berdialogis dengan petugas jaga yang sedang bertugas dan para security pun merasa terbantu karena adanya polisi patroli. Berdasarkan hasil patroli di perumahan ini, situasi kamtibmas aman dan kondusif. Sekaligus anggota patroli menghimbau agar selalu waspada terhadap tindakan-tindakan 3C dan anggota patroli memberikan pesan pesan kamtibmas kepada security/satpam yang berjaga.

anggota patroli Ton 2 KI 1 berdialogis dengan penjaga perumahan Asia Asri Regency

Berikutnya  anggota patroli berjalan menuju tempat Karoke Diva dan Warnet Spider Gomong yang buka 24 jam. Anggota patroli berdialogis dengan Security atau penjaga warnet. Anggota memberikan himbauan agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar,agar terhindar dari oknum oknum yang tidak bertanggung jawab. Sekaligus kami memberikan saran agar selalu mengaktifkan CCTV agar dapat memonitor dan mencegah tindak kejahatan yang ada.

anggota patroli berdialogis dengan penjaga Warnet
anggota patroli berdialogis dengan Securty Karoke Diva

Semoga dengan hadirnya anggota patroli dapat mengurangi gangguan nyata bagi masyarakat dan sekitarnya. Dengan melindungi,mengayomi,dan melayani masyarakat dapat menciptakan suasana kamtibmas yang harmonis,bebas dari gangguan yang dapat menimbulkan gejolak. (M)

 

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close