Dit Sabhara Polda NTB Meningkatkan Patroli Rutin Menjelang Bulan Ramadhan Dan Revolusi Mental

Mataram – Dit Sabhara Polda NTB. Jum’at (19/05/2017) Dalam memelihara kamtibmas, Polri harus mampu menerapkan revolusi mental dalam setiap anggota Polri yang bertugas menjaga kamtibmas di tengah masyarakat. Polri harus mampu hadir di tengah masyarakat untuk menciptakan keamanan, kenyamanan, dan ketenangan dalam setiap aktivitas kehidupan masyarakat. Apabila masyarakat telah merasakan kehadiran Polri di tengah masyarakat, revolusi mental Polri di bidang kamtibmas. Upaya memelihara kamtibmas harus sejauh mungkin meninggalkan budaya dan mentalitas arogan, militeristis, antagonistis, brutal, dan kasar. Polri harus mampu menampilkan diri sebagai anggota yang bermental humanis dan bermoral. Revolusi mental Polri dapat tecermin dalam setiap pelaksanaan tugas pokok Polri di tengah masyarakat yang mana terwujud kepribadian anggota Polri yang memiliki mentalitas yang baik, benar, jujur dan adil.

Untuk menanggapi hal diatas, patroli Dit Sabhara Polda NTB Subdit Dalmas Ton 2 Ki 1 melaksanakan patroli rutin yang dipimpin oleh Bripka Imbing Susanto. Diawali dengan berpatroli di seputaran Pasar Cakranegara dan Terminal Mandalika. Anggota patroli melaksanakan dialogis dengan para konsumen dan penjual sekaligus menarik informasi mengenai kenaikan harga sembako dan tiket dikarenakan mendekati bulan ramadhan dan lebaran. Selanjutnya anggota patroli berdialogis dengan tukang parkir. Anggota patroli memberikan himbauan agar tidak memarkirkan motor di bahu jalan dikarenakan dapat menyebabkan kemacetan.

Anggota patroli berdialogis dengan konsumen dan penjual di Pasar Cakranegara
Anggota patoli berdialogis dengan tukang parkir di depan Pasar Cakranegara
Berdialogis dengan calon penumpang di Terminal Mandalika

Berhubung hari ini adalah hari Jum’at , anggota patroli melaksanakan Sholat Jum’at di Masjid Jami’ Muqqadar Serumbung Lembar Kabupaten Lombok Barat. Setelah usai sholat Jum’at , anggota patroli melaksanakan dialogis dengan pengurus Masjid. Anggota patroli memberikan himbauan kepada pengurus Masjid agar tidak terprovokasi terhadap ajaran radikal dan radikalisme , sekaligus berdialogis dengan anggota Koramil untuk bersama-sama membangun sinergitas dan kerjasama sesama aparatur Negara. Selanjutnya anggota patroli melaksanakan pengaturan lalu lintas di depan masjid,guna membantu masyarakat yang ingin menyebrang dan tidak menimbulkan kemacetan. Karena posisi masjid tepat di jalur utama menuju Pelabuhan Lembar. Di jalur tersebut di dominasi oleh kendaraan yang berukuran besar dan sedang.

Anggota patroli melaksanakan sholat Jum’at
Berdialogis dengan pengurus Masjid dan anggota Koramil
Anggota patroli mengatur lalu lintas di depan Masjid

Ton 2 Ki 1 melaksanakan giat empati Rp1000 guna mendukung program quick win No.6 Yaitu Polri sebagai penggerak revolusi mental dan tertib sosial di ruang public. Anggota patroli membawa 2 buah sembako. Sebelum dan sesudah menjadi target pertama Ton 2 Ki 1 untuk di berikan sembako kepada  sepasang suami istri yang bernama Bapak Sukarah (Tuna Rungu) dan Ibu Eni. Bapak Sukarah berumur 65 Tahun dan Ibu Eni berumur 60 Tahun  pekerjaan sepasang suami istri adalah pencari kayu bakar. Selanjutnya target empati yang kedua adalah Ibu Samirah , alamat beliau Pantai Cemara Kecamatan Lembar Kabupaten Lombk Barat. Beliau hidup sebatang kara dan bekerja mencari kayu bakar untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Memberikan sembako kepada Bapak Sukarah dan Ibu Eni
Memberikan sembako kepada Ibu Samirah

Semoga dengan hadirnya Polri di tengah-tengah masyakat dapat memberikan rasa aman dan tentaram.

Selalu ucapkan syukur atas apa yang terjadi hari ini, dan ber Do’a lah untuk hari esok agar anda masih bisa melaluinya dengan penuh rasa syukur dan bahagia. (M.K.)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close