Melalui Komunikasi Efektif, Sabhara Jalin Sinergitas dengan Sesama Mitra Keamanan

Mataram – Malam ini (17/05) anggota Ton 3/1 Direktorat Sabhara Polda NTB dibawah arahan Bripka I Komang Alit Tripiana selaku danton melaksanakan patroli rutin ke beberapa daerah di sekitar Kota Mataram dan sekitarnya yang rawan dengan aksi 3C dan kejahatan-kejahatan lainnya. Mengawali patroli malam ini, danton dalam arahannya menekankan kepada setiap anggota agar lebih waspada dan berhati-hati dalam pelaksanaan tugas rutin ini, mengingat dalam beberapa hari terakhir banyak terjadi aksi teror oleh para teroris yang sasaran utamanya adalah anggota polri berseragam. Oleh sebab itu, pada patroli kali ini anggota dibekali dengan senjata api lengkap dengan amunisinya dan mengenakan body protector (rompi hitam) untuk melindungi diri dalam bertugas.

Setelah menerima arahan dari Danton anggota ton 3 ki 1 dengan personil sebanyak 19 orang menyambangi giat masyarakat yang berlangsung di taman sangkareang. Kegiatan tersebut adalah pameran produk unggulan daerah dalam rangka Muskomwil IV Apensi. Anggota berdialog dengan panitia dan peserta menghimbau agar selalu waspada terhadap barang-barang yang akan dipamerkan. Selanjutnya anggota berdialog dengan tukang parkir dan sekelompok pemuda yang sedang melakukan kegiatan di taman tsb,kami menghimbau agar selalu waspada terhadap aksi 3C, untuk situasi aman dan kondusif.

Anggota mengunjungi giat masyarakat berikutnya di daerah Gunung Sari, berhubung sedang berlangsung acara MTQ Kabupaten Lombok Barat 2017. Anggota berdialog dengan petugas keamanan setempat untuk menjalin sinergitas keamanan sehingga acara dapat berlangsung dengan lancer. Tidak lupa anggota menghimbau kepada masyarakat terutama yang membawa kendaraan agar selalu mewaspadai aksi curanmor dan mengingatkan agar mengunci kendaraannya dengan kunci ganda.

Setelah memastikan situasi keamanan giat MTQ berjalan dengan lancer, selanjutnya anggota melanjutkan patroli. Namun diperjalanan anggota menjumpai seorang inak-inak yang sedang mengais sampah dipinggir jalan. Melihat kondisi inak yang memprihatinkan anggota memberikan bantuan sembako (Gerakan Empati Seribu Rupiah) kepada inak tersebut. Diketahui inak tersebut bernama Salbiyah berusia 57 tahun mengalami gangguan penglihatan dan kaki pincang, inak tersebut berasal dari Punia Saba Mataram.

Selanjutnya anggota menyambangi perumahan Rumah Kita di daerah Sesela Gunung Sari. Anggota berdialog dengan salah satu security menghimbau agar selalu mewaspadai terhadap orang yang keluar masuk area perumahan.

  

Anggota melanjutkan patroli ke perumahan Royal Mataram. Setiba di lokasi, anggota berdialog dengan security agar selalu waspada dengan aksi 3C yang sering terjadi di lingkungan perumahan terutama pada jam-jam rawan. Disamping memberikan himbauan dan pesan-pesan kamtibmas, tidak lupa anggota memberikan apresiasi dan motivasi kepada pihak security atas kerjasama dan dedikasinya dalam bersama-sama menjaga kamtibmas sehingga sampai saat ini situasi di perumahan tersebut aman dan kondusif.

 

Selanjutnya, anggota meneruskan patroli dengan menyambangi perumahan Lingkar pratama. Anggota yang bertemu dengan salah seorang security menyampaikan pesan-pesan kamtibmas agar selalu waspada dengan setiap orang yang masuk maupun keluar dari area perumahan dan tidak lupa mengingatkan  agar portal ditutup pada waktunya. Melalui dialog ini, anggota juga menggali informasi-informasi dari pihak security tentang situasi kamtibmas di perumahan yang dijaga. Diharapkan dengan adanya komunikasi yang baik ini sinergitas antar sesama pengemban fungsi keamanan dapat terjalin dengan baik dan hasilnya maksimal.

  

Diharapkan dengan adanya kegiatan patroli ini mampu menekan angka kejahatan di tengah-tengah masyarakat serta terjalinnya komunikasi dan silaturrahmi yang baik antara polri dengan masyarakat dan unsur keamanan lain. Selain itu, kehadiran polri juga diharapkan mampu membuat masyarakat lebih aktif dan peduli dengan ikut serta dalam pemeliharaan kamtibmas. (TON 3/1)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close