Dit Sabhara Polda NTB Subdit Dalmas Meningkatkan Kemampuan Untuk Menangani Unjuk Rasa

Mataram – Dit Sabhara Polda NTB. Selasa (16/05/2017). UU KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NO 2 THN 2002 adalah acuan atau dasar Kepolisian Republik Indonesia untuk bekerja. Sesuai UU Kepolisian Negara Republik Indonesia No 2 Thn 2002, dalam Pasal 1 No.4 yaitu  Peraturan Kepolisian adalah segala peraturan yang dikeluarkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka memelihara ketertiban dan menjamin keamanan umum sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Tentang Pedoman Pengendalian Massa NO. POL.: 16 TAHUN 2006.

Pasal 1

  1. Pengendalian Massa yang selanjutnya disebut Dalmas adalah kegiatan yang dilakukan oleh satuan Polri dalam rangka menghadapi massa pengunjuk rasa.
  2. Dalmas Awal adalah satuan Dalmas yang tidak dilengkapi dengan alat-alat perlengkapan khusus kepolisian, digerakkan dalam menghadapi kondisi massa masih tertib dan teratur/situasi hijau.
  3. Dalmas Lanjut adalah satuan Dalmas yang dilengkapi dengan alat-alat perlengkapan khusus kepolisian, digerakkan dalam menghadapi kondisi massa sudah tidak tertib/situasi kuning.
  4. Lapis Ganti adalah kegiatan peralihan kendali dari satuan Dalmas Awal ke Dalmas Lanjut.
  5. Lintas Ganti kegiatan peralihan kendali dari satuan Kompi Dalmas Lanjut kepada satuan Kompi/Detasemen Penanggulangan Huru-Hara Brimob.

Untuk itu Dit Sabhara Polda NTB Subdit Dalmas melaksanakan Latihan Dalmas di Lapangan Gajah Mada guna meningkatkan kemampuan dalam hal menangani Unjuk Rasa atau Penyampaian pendapat dimuka umum. Kegiatan Diwali dengan Dalmas Humanis. Dalmas Humanis terdiri dari anggota polwan yang melaksanakan dalmas. Pada saat dalmas humanis situasi masih Hijau. Tindakan yang diberikan adalah oleh Dalmas awal menggunakan kendali tangan kosong lunak (pasif). Selanjutnya di simulasikan situasi meningkat ke situasi Kuning. Anggota dalmas memberikan tindakan yaitu dengan kendali tangan kosong keras (aktif).

anggota polwan melaksanakan Dalmas Awal
anggota Dalmas melakukan Dalmas Lanjut
anggota dalmas menggunakan senjata tumpul (tongkat) untuk menghalau massa

 

Dengannya adanya latihan Dalmas dapat meningkatkan kekompakan dan kesolitan kelompok. Karna Sabhara  terlebih khususnya Subdit Dalmas adalah garda terdepan dalam menangani unjuk rasa atau penyampaian pendapat di muka umum. (M)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close