Patroli Rutin Sabhara Ciptakan Kenyamanan dan Ketertiban pada Setiap Giat Masyarakat


Mataram – Malam ini (11/05) anggota Ton 3/1 direktorat Sabhara Polda NTB dibawah arahan Bripka I Komang Alit Tripiana selaku danton melaksanakan giat patroli rutin ke beberapa daerah di Kota Mataran dan sekitarnya yang rawan dengan aksi 3C dan tindak kejahatan lain. Mengawali patroli malam ini, danton dalam arahannya menekankan kepada setiap anggota agar lebih waspada dan berhati-hati dalam pelaksanaan tugas rutin ini, mengingat dalam beberapa hari terakhir banyak terjadi aksi teror oleh para teroris yang sasaran utamanya adalah anggota polri berseragam. Oleh karena itu, pada patroli malam ini anggota dibekali dengan senjata api lengkap dengan amunisi dan mengenakan body protector sebagai pelindung badan dalam bertugas.

Mengawali patroli malam ini, anggota Ton 3/1 menyambangi Pantai Ampenan untuk memantau giat masyarakat pada malam hari. Anggota berdialog dengan masyarakat, tukang parkir, dan beberapa pedagang agar selalu waspada dengan berbagai aksi kejahatan yang sering terjadi belakangan ini. Aksi curanmor adalah salah satu kejahatan yang paling sering terjadi di tempat-tempat umum dan keramaian disamping kejahatan lainnya. Situasi di sekitar Pantai Ampenan terpantau cukup ramai dengan berbagai kegiatan masyarakat, terutama  anak-anak muda. Situasi kamtibmas aman, tertib dan terkendali.

Selanjutnya anggota Ton 3/1 melaksanakan pemantauan dan pengawasan giat penutupan MTQ tingkat kota Mataram yg diselenggarakan di Sayang-Sayang. Kegiatan penutupan ini dihadiri oleh walikota Mataram dan ratusan masyarakat di sekitar Kota Mataram. Untuk menjamin keamanan, kelancaran dan ketertiban acara tersebut, anggota berkoordiasi dengan petugas keamanan dari linmas agar lebih waspada dengan segelintir orang yang bisa saja mengambil kesempatan untuk menjalankan aksi kejahatan ditengah keramaian ini. Oleh karena itu, kami menghimbau agar bertanggung jawab dan tetap waspada dalam pelaksanaan tugas. Situasi kamtibmas terpantau aman dan kondusif.

Tidak jauh dari lokasi penutupan MTQ tingkat Kota Mataran tersebut, tepatnya di Desa Rembiga Barat, Kec. Selaparang, anggota ton 3/1 yang kebetulan melintas menjumpai seorang nenek yang sedang bekerja mengumpulkan sampah-sanpah plastik. Anggota langsung menghampirinya, diketahui nenek tersebut bernama Papuq Jumesah (dok), beliau telah berusia 85 tahun. Anggota yang merasa prihatin dan simpati dengan semangat juang beliau dalam bekerja, memberikan empati berupa bahan-bahan makanan, yang diharapakan dapat mengurangi beban hidup beliau. Semoga dapat bermanfaat dan berkah untuk nenek.

Setelah memberikan empati, anggota ton 3/1 melanjutkan patroli ke daerah lingkar, menyambangi perumahan Royal Mataram dan berdialog dengan security. Anggota memberikan pesan-pesan kamtibmas agar selalu waspada dalam bertugas pada malam hari terutana saat jam-jam rawan.

Selanjutnya anggota ton 3/1 menyambangi perumahan Bale Pelangi Sandik dan berdialog dengan security setempat. Anggota tetap menghimbau agar selalu waspada dengan aksi kejahatan pada malam hari, dan memberikan saran agar melaksanakan kegiatan patroli keliling perumahan minimal satu jam sekali. Hal ini bertujuan untuk mengecek secara langsung dan jika ditemukan kejadian mencurigakan dapat segera di tanggapi. Situasi kamtibmas terpantau aman dan kondusif.

Setelah itu, anggota menyambangi perumahan Town Place di Jalan Sriwijaya. Amggota tetap memberikan himbauan kepada security agar waspada dengan aksi 3C dan memberikan pesan agar portal ditutup pada waktunya. Untuk situasi aman dan terkendali.

Mengakhiri patroli malam ini, anggota ton 3/1 mengunjungi Taman Sangkareang untuk memantau giat masyarakat pada malam hari. Anggota menghimbau agar kepada masyarakat yang sedang beraktivitas agar selalu berhati-hati dengan tindak kejahatan yang bisa terjadi. Anggota juga menyarankan kepada muda-mudi yang masih belia untuk segera pulang, mengingat waktu sudah larut malam. Situasi kamtibmas termonitor aman dan kondusif, tidak ada kejadian-kejadian menonjol yang mencurigakan.

Secara umum, situasi kamtibmas di wilayah hukum Kota Mataram pada malam hari ini aman dan kondusif. Berbagai kegiatan masyarakat berjalan dengan tertib dan lancar. (Ton 3/1)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close