Sabhara Polda NTB Ciptakan Situasi Aman Kondusif di Hari Suci Waisak

Mataram – Kamis 11 Mei 2017, Anggota Subdit Dalmas Polda NTB ton 3 ki 2 Melaksanakan apel persiapan patroli dan pemberian AAP oleh Bripka I Gde Supartayasa selaku Danton 3 ki 2. Dalam arahannya, Danton 3 ki 2 menekankan kepada setiap anggota agar lebih berhati-hati terutama pada saat menemukan orang atau barang yang mencurigakan disekitar tempat persembahyangan umat Budha ( VIHARA ). mengingat pada pagi hari yang cerah ini bertepatan dengan Hari besar Agama Budha yaitu hari Trisuci Waisak yang merupakan hari raya terbesar dan paling bermakna bagi umat Buddha. ‘Waisak’ berasal dari bahasa Pali ‘Vesakha’ atau di dalam bahasa Sansekerta disebut ‘Vaisakha’. ‘Vesakha’ diambil dari bulan dalam kalender buddhis yang biasanya jatuh pada bulan purnama pada bulan Mei kalender Masehi.

 

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap umat budha yang sedang beribadah, anggota melaksanakan patroli dialogis ke Vihara Dhamma Vinaya yang terletak di Desa Karang Panasan Kec. Tanjung Kab. Lombok Utara. Seperti yang kita ketahui, Vihara tersebut merupakan salah satu Vihara yang banyak dikunjungi oleh umat Budha di kec. Tanjung. Selama kegiatan ibadah berlangsung, situasi kambtibmas di sekitar Vihara terpantau aman dan kondusif. Sehingga acara dapat berlangsung tanpa ada halangan atau gangguan yang  tidak diharapkan.

 

Selanjutnya anggota patroli ton 3 ki 2 memberikan bingkisan empati kpd Inak sariasih 85 thn hidup bersama seorang anaknya di sebuah gubuk kecil yang berlamat di Desa Karang Langu Kec. Tanjung Kab. Lombok Utara. Dengan diberikannya bingkisan Empati tersebut, diharapkan dapat meringankan beban hidup beliau.

 

Setelah itu, anggota Patroli ton 3 ki 2 melaksanakan sholat di Masjid Darusallam Tanjung sekaligus berdialogis dgn jemaah tentang kelompok-kelompok  radikal dan anti Pancasila agar tidak mudah terprovokasi dengan isu isu yang berkembang di masyarakat melalui media cetak elektronik dsb.

 

Tidak jauh dari Masjid Darusallam tepatnya di Karang Sewele Kec. Tanjung Kab. Lombok Utara, anggota patroli menjumpai seorang nenek tua yang sedang duduk di depan rumahnya seorang diri. Melihat kondisinya yang sangat memprihatinkan, anggota patroli berinisiatif memberikan empati ke2 kepada beliau.
Diketahui nenek tersebut bernama Inak Rinasip  usia 85 thn. hidup dengan cucu nya yang masih kecil.

 

Semoga dengan ditingkatkannya patroli rutin ini dapat menciptakan situasi aman serta nyaman sebagaimana diharapkan oleh masyarakat sekitar.

OPERATOR TON 3 KI 2

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close