Sabhara Polda NTB Sukseskan Event Rinjani 100, Cadass !!

Mataram – Selasa 9 Mei 2017, pelaksanaan event Rnjani 100 memang telah usai dua hari yang lalu namun beritanya masih hangat untuk diperbincangkan. Pulau Lombok kembali menggelar event Rinjani 100 yakni lari lintas alam Internasional yang digelar pada tanggal 5-7 Mei 2017 di Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).

Event ini sangat diminati banyak masyarakat baik dari dalam negeri maupun mancanegara, buktinya 497 pelari dari dalam maupun luar negeri turut serta dalam ajang ini, yang meliputi 302 pelari Domestik dan 195 pelari luar negeri seperti Australia, Austria, Jepang, Prancis, Slovakia, hingga Rusia dan masih banyak negara lainnya yang terlibat.

  • Dalam event ini tidak hanya Basarnas yang terlibat, namun juga Sat Brimobda, dab Sabhara Polda NTB ikut andil dalam pengamanan event tahunan ini. ( 5 – 7 Mei 2017 ).

” Event ini untuk kedua kalinya kita melaksanakan pengamanan disana, jadi saya harap kalian sudah tau apa yang perlu disiapkan kesana dan yang terpenting adalah doa untuk keselamatan dan kelancaran tugas ini, karena ini pengamanan diatas gunung bukan pengamanan seperti yang biasa kita lakukan ” ujar Bripka I Komang Wahyu P.S selaku danton dalmas 1 ki 2 saat memberi arahan sebelum melaksanakan tugas. (5/7).

Sesuai dengan arahan Kombes Pol Dewa Putu Maningka Jaya ( Karo Ops ) ” tempat pengamanan sudah terbagi – bagi jadi tolong dikordinasikan lebih baik dengan panitia disana ” tegasnya . Pengamanan terbagi atas empat lokasi yaitu Pusuk Sembalun, Bawak nao, Propok valey, dan Pelawangan Sembalun rim. Dalam kejuaraan event rinjani 100 melewati puncak gunung rinjani terdapat empat katagori yaitu 27 kilometer, 36 kilometer, 60 kilometer, dan 100 kilometer, rute ini menyuguhkan jalur yang menantang, dari Desa Senaru, Bayan dan melewati hutan lebat menuju Pelawangan Senaru, dan menuruni tebing-tebing terjal yang dikenal dikenal dengan tebing penyesalan, menuju Danau Segara anak yang kita ketahui pemandangannya sangat indah.

Ada beberapa peserta yang tidak mampu melanjutkan event tersebut karena terjatuh dan terkilir jadi mereka tidak mampu melanjutkan untuk berlari dan kami mengevakuasi mereka dari atas hingga kami antarkan kehotel Nusantara yang merupakan basecamp medis dan panitia disana. ” saya tidak kapok untuk mendaki rinjani lagi meski saya terkilir,malahan lebih buat saya tertantang mau ikut lagi event rinjani 100 tahun depan” komentar salah satu peserta yang kami evakuasi.

” Senang berkenalan dengan pak komang, pantas saja beliau kuat ternyata atlit silat, salam dari saya dan yang lain pak, saya mengucapkan banyak terimakasih pada praktis Tim Polda karena tidak ada yang mengeluh, sampai jumpa dilain waktu pak ” ujar Cc Adhika, Anindita, Dian R Sukmara, Abdul, dan Reza selaku panitia dan para medis yang berada disana.

Pelari asal Indonesia, Fandhi Achmad menjuarai lari lintas alam katagori 100 kilometer dengan catatan waktu 33 jam 11 menit 55 detik, pria asal Jakarta berusia 34 tahun itu mengalahkan 38 peserta lain dari berbagai negara dikatagori 100 kilometer. Rencananya Fandhi akan kembali mengikuti UTMB pada Agustus 2017. Dia bakal turun di katagori 300 kilometer yang dikenal dengan Petite Trotte a Leon ( PTL ) ujarnya saat diwawancarai ketika telah sampai finish.

Bapak Andy Hadianto selaku ketua koni NTB mengucapkan banyak terimakasih pada seluruh anggota yang melaksanakan pengamanan event rinjani 100 hingga acara ini berjalan lebih baik dari yang kemarin, ia sempat memuji dengan kata “memang polisi-polisi seperti ini yang menjadi tauladan dan berdedikasi tinggi ” .

Semogga dengan dengan adanya event seperti ini bisa meningkatkan perekonomian pariwisata daerah NTB serta memperkenalkan pada negara lain bahwa Indonesia khusus nya NTB memiliki banyak tempat wisata yang menarik.

Kami bangga dapat membantu demi kelancaran event rinajani 100.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close