Antisipasi Kejahatan Pada Malam Hari, Patroli Sabhara Ditingkatkan

Mataram– Malam ini (05/05) anggota dit sabhara Polda NTB dibawah pimpinan Bripka I Komang Alit Tripiana melaksanakan patroli rutin untuk mengantisipasi aksi kejahatan di tempat-tempat rawan. Untuk patroli kali ini, tujuan utamanya adalah komplek-komplek perumahan yang ada di sekitar Kota Mataram. Patroli di perumahan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penghuni perumahan serta menjalin sinergitas dengan petugas keamanan setempat.

Diantara sekian banyak perumahan yang terdapat di sekitar Kota Mataram, ada tiga perumahan yang menjadi tujuan patroli malam ini. Perumahan pertama sekitar pukul 00.15 Wita yang dikunjungi adalah Meninting Regency yang terletak di Ampenan. Anggota subdit dalmas melakukan pengecekan situasi keamanan di perumahan tersebut sambil berdialog dengan penjaga perumahan tersebut.

“ Sejauh ini, untuk situasi kamtibmas di sini cukup aman pak, tidak ada tindak-tindak kejahatan yang terjadi”, ungkap salah satu petugas keamanan. Berdasarkan hasil patroli dan dialog dengan petugas keamanan setempat, situasi kamtibmas bisa dikatakan aman dan kondusif.

  

Selanjutnya pukul 01.00 Wita anggota dit Sabhara Polda NTB meneruskan patrolinya di perumahan Puri Meninting. Di lokasi kedua ini, anggota memberikan himbauan kepada petugas keamanan setempat supaya senantiasa menjaga dan meningkatkan keamanan/kewaspadan terhadap hal-hal yang berpotensi menyebabkan gangguan kamtibmas dan tetap mewaspadai aksi 3C. Sama halnya dengan perumahan pertama, situasi kamtibmas aman dan kondusif serta tetap dalam pengawasan dari petugas keamanan.

   

Selanjutnya pukul 02.15 Wita anggota subdit dalmas melanjutkan patroli ke perumahan Meninting Utama dan berdialog dengan para penjaga malam dan masyarakat yang sedang berkumpul, guna mendapatkan informasi tentang wilayah sekitar tentang keadaan kamtibmas di wilayah tersebut. Dari hasil dialog tersebut diketahui bahwa kamtibmas di tempat-tempat tersebut cukup kondusif dan aman. Anggota juga menghimbau kepada masyarakat dan para satpam untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap orang-orang yang datang maupun pergi dan menghimbau kepada penjaga malam untuk menutup portal pada waktunya diiringi dengan kegiatan patroli disekitaran perumahan minimal satu jam sekali.

  

Setelah memastikan situasi aman dan kondusif, anggota bergeser ke sasaran patroli berikutnya di daerah jalan Baru Mekar Majeli, Peteluan Indah, Kec. Lingsar. Anggota yang tiba di lokasi berdialog dengan sekelompok pemuda yang sedang nongkrong di sebuah pos ronda dan di pinggir jalan. Anggota memberikan himbauan dan arahan kepada sekelompok pemuda tersebut agar ikut berpartsipasi aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban kamtibmas di daerah mereka.  Situasi aman dan terkendali.

    

Selanjutnya anggota meneruskan patroli ke kandang kumpul yang terletak di daerah Bagik Nunggal, Peteluan Indah, kec. Lingsar. Anggota memberikan himbauan disertai pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat agar mewaspadai berbagai aksi kejahatan terutama aksi 3C yang akhir-akhir ini kerap terjadi baik pada siang maupun malam hari.

   

Dalam perjalanan pulang, anggota menemukan seorang kakek yang sedang mencari barang-barang bekas kemudian tidak lupa anggota memberikan sebuah paket empati untuk mendukung program kapolri QW 6, polisi sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib social di ruang publik. Kakek tersebut diketahui bernama Amaq Syuaib yang telah berusia 82 tahun, dan bertempat tinggal di Jempong. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, kakek tersebut setiap harinya mencari barang-barang bekas dan mengharap bantuan dari kerabat terdekat.

  

Secara umum, dari hasil pantauan bahwa situasi kamtibmas di beberapa perumahan dan salah satu desa yang disambangi malam ini, aman dan kondusif. Masyarakat disekitar perumahan dan desa tersebut juga berperan aktif dalam menjaga kamtibmas bersama Bhabinkamtibmas daerah setempat. Dengan terlaksananya kegiatan patroli rutin tersebut diharapkan dapat mewujudkan situasi kamtibmas tetap aman dan terkendali serta terjalinnya sinergitas antara POLRI dengan masyarakat. (Ton 3 Ki 1)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close