Dalmas Polda NTB Tingkatkan Kamtibmas dengan Komunikasi yang Efektif

  • Mataram – Direktorat Sabhara Polda NTB Subdit Dalmas

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Dan komunikasi yang efektif dan baik ialah pertukaran informasi, ide, perasaan yang menghasilkan perubahan sikap sehingga terjalin sebuah hubungan baik antara pemberi pesan dan penerima pesan. Pengukuran efektifitas dari suatu proses komunikasi dapat dilihat dari tercapainya tujuan si pengirim pesan.

Anggota Dalmas Polda NTB berdialogis dengan warga masyaakat wilayah Cakranegara

Seperti halnya yang dilakukan oleh anggota Patroli Dalmas Polda NTB Pleton 2 Kompi 2 pada hari Senin (1/5/2017) yang melaksanakan patroli sambil berdialogis dengan masyarakat setempat guna meningkatkan Kamtibmas dan memberikan rasa aman serta nyaman bagi masyarakat. Dalam pelaksanaannya, anggota Subdit Dalmas Ton 2 ki 2 melaksanakan patroli di seputaran wilayah Cakranegara-Mataram. Anggota berdialogis dengan masyarakat setempat, menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan mendengarkan keluh kesah serta saran dari masyarakat agar terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif.

Dalmas Polda NTB berdialogis dengan warga masyarakat di wilayah Ampenan

Usai melaksanakan patroli di wilayah Cakranegara, selanjutnya anggota melaksanakan patroli ke wilayah Ampenan, tepatnya di Taman Adipura, anggota patroli berdialogis dengan petugas dari Dinas Pertamanan Kota Mataram yang sedang mengecek Taman Adipura sembari anggota menyampaikan pesan-pesan kamtibmas agar selalu waspada saat bertugas.

Dalmas Polda NTB berdialogis dengan remaja yang nongkrong di jalan Baru Monjok

Kemudian untuk meningkatkan kemanan dan menjaga ketertiban di lingkungan masyarakat anggota patroli Dalmas Ton 2 ki 2 bergeser ke wilayah Monjok, tepatnya di Jalan Baru Monjok. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari masyarakat sekitar, diketahui bahwa di Jalan Baru Monjok ini sering terjadi aksi balap liar yang dilakukan oleh para remaja, hal ini tentu saja sangat meresahkan warga masyarakat yang berada di Jalan Baru Monjok. Dan untuk menindak lanjuti hal tersebut anggota patroli Dalmas Polda NTB memberikan himbauan Kamtibmas kepada para remaja yang sedang nongkrong di Jalan Baru Monjok agar tidak ikut serta dalam aksi balap liar, dan sebaiknya jangan nongkrong terlalu larut malam.

Diharapkan dengan dilakukannya patroli rutin dengan berdialogis ini dapat meningkatkan dan menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif dilingkungan masyarakat, serta dapat meningkatkan hubungan yang harmonis antara Polri dan masyarakat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close