Pilkada Sebentar Lagi, Kapolda NTB Tegaskan Polisi Harus Netral

Kapolda NTB Brigjen Pol Drs. Firli, M.Si saat memimpin apel pagi

Mataram – Pemanasan pilkada tengah berjalan, hal tersebut dikarenakan telah dimulainya pendukungan terhadap salah satu Paslon yang dilakukan oleh salah satu partai. Kemudian ada yang telah memunculkan figur-figur Paslon walau belum ada dukungan dari partai manapun, sehingga ini berarti aktifitsas persiapan pilkada sudah dimulai.

Kapolda NTB Brigjen Pol Drs. Firli, M.Si menegaskan kepada seluruh anggotanya untuk bersikap netral dalam menghadapi pesta demokrasi yang akan dilaksanakan beberapa bulan lagi.

“Dari awal saya tegaskan, Polri dilarang dukung-mendukung calon manapun, kita harus bersikap netral, kita prinsipnya mewujudkan keamanan, menciptakan situasi yang aman, sehingga proses seluruh tahapan pilkada bisa berjalan dengan lancar.” Tegas Brigjen Pol Firli kepada seluruh anggotanya saat memimpin apel pagi, Senin (1/5) di Lapangan Gajah Mada Polda NTB.

Jenderal Polisi bintang satu itu juga menyampaikan, bahwa pada demokrasi pancasila ini, seluruh warga negara diberikan jaminan hak politik dalam memilih ataupun dipilih salah satu paslon dari kubu manapun sehingga hal tersebut rentan menjadikan kondisi masyarakat terbelah.

“Demokrasi pancasila yang sudah kita anut ini, memberikan jaminan hak politik, baik itu dalam hal memilih maupun dipilih dengan tidak mengenal suku, agama, ras dan warna kulit maupun status sosial yang lain, kita antisipasi agar tidak terjadi konflik akibat saling dukung-mendukung salah satu paslon dari kubu mereka masing-masing.” Ujar Kapolda.

Dijelaskan oleh Kapolda, karena harus memilih, kondisi mayarakat akan terbelah, ini kondisi dan konsekuesnsi yang harus siap diantisipasi oleh pihak Kepolisian. Artinya, kalau masyarakat sudah dipisahkan karena kepentingan politik maupun karena cara dukung-mendukung, otomatis akan terjadi gesekan konflik antar masyarakat itu sendiri.

Maka dari itu, mendekati pilkada, Kapolda menegaskan kepada seluruh anggotanya untuk bersikap netral, karena Polri diperintahkan untuk memberikan perlindungan terhadap seluruh masyarakat, bukan malah melibatkan diri dalam politik praktis apalagi menjadi tim sukses. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close