Polres Lotim Mantapkan Pasukan Dunia Maya Yang Dimiliki

KAPOLRES LOTIM DIDAMPINGI KASUBBAG HUMAS SAAT MEMBUKA ACARA PELATIHAN COUNTER OPINI

Selong – Guna mengasah Kemampuan Personel Cyber Troops yang sudah dibentuk beberapa pekan lalu, kini Kapolres Lombok Timur Datangkan Instruktur dari Polda NTB (29/4/17).

Dibentuknya Tim Cyber Troops itu sendiri ditengarai oleh marak dan masifnya penyebaran berita atau informasi hoax di Media Sosial. Sebagian berita hoax yang beredar rentan mengancam toleransi dan kerap menimbulkan masalah ditengah – tengah Masyarakat, terlebih lagi ketika dikaitkan dengan isu sara ataupun ditunggangi oleh kepentingan Elit Politik tertentu.

PESERTA PELATIHAN SAAT MENDENGARKAN ARAHAN DARI KAPOLRES LOTIM

Kapolres Lombok Timur AKBP Wingky Adhityo Kusumo S.I.K.,MH, pada saat membuka Pelatihan Cyber Troops yang bertajuk Pelatihan “Counter Opini”  menyampaikan kepada para Peserta Pelatihan;  tugas dari Cyber Troops ialah  melakukan pengawasan kepada para Pengguna Media Sosial.

AKBP Wingky juga menambahkan selain dari  mengawasi Pengguna Social hal terpenting yang harus dilakukan ilah Pasukan Dunia Maya (cyber troops) mampu menyaring adanya peredaran isu negatif menjadi hal yang positif. Membantu proses diseminasi (penyebaran) yang positif dalam upaya-upaya yang dilakukan Polri. Serta melakukan counter issue/counter opini negatif yang memojokan Polri ataupun Pemerintah serta hal – hal yang dapat mengganggu Stabilitas Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat), untuk melakukan hal yang demikian itu tidak mudah dan sudah barang tentu membutuhkan strategi husus dan wawasan yang luas, oleh karena itu hari ini kita melaksanakan Pelatihan “tambahnya”.

PESERTA PELATIHAN MENJAWAB PERTANYAAN DARI INSTRUKTUR

Pelatihan Counter Opini yang diselenggarakan di Gedung Dharma Polres Lombok Timur tersebut diikuti oleh 54 Personel, yang terdiri dari 25 personel  Counter Opini, 28 Personel Operator tribratanewslotim,ntb.polri.go.id dan 11 Personel Operator Simpatik kesemuanya itu diambil dari masing – masing bagian, satuan dan personel Polsek jajaran Polres Lombok Timur.

Bripka Lalu Azwin selaku Instruktur Counter Opini tercengang ketika melihat Ruangan Gedung Dharma yang dipenuhi dengan warna Merah Marun dan memberikan Applause kepada para peserta karna diantara Polres Jajaran Polda NTB baru Polres Lombok Timur saja yang memiliki Pasukan Dunia Maya.

Dihadapan Media, Kapolres Lombok Timur mengungkapkan; terbentuknya Cyber Troops Polres Lombok Timur, diharap mampu meminimalisir kejahatan yang terjadi di Dunia Maya, baik penyebaran Berita Hoax, Black Campaigen dan berbagai tindak kejahatan dunia maya lainnya. (Y).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close