Masyarakat Harus Bijak Dalam Menanggapi Berita Hoax

Mataram – 22 Maret 2017 Dit Sabhara Polda NTB melaksanakan persiapan patroli malam hari yang dipimpin langsung oleh Bripka I Komang Wahyu P,S selaku danton 1 ki 2 memberi arahan dan sasaran yang akan dituju malam hari ini serta tidak lupa memberi motivasi dan semangat pada anggota.

Akhir-akhir ini kerapkali dimedia baik itu Koran,television ataupun media sosial memberitakan mengenai isu penculikan anak,banyak kasus yang sering terjadi baru-baru ini seperti wanita yang diperiksa polisi karena menyebarkan berita hoax (lotim),dan yang baru-baru terjadi di Lombok Timur mengenai isu hoax penculikan anak makan korban. Maka dari itu anggota berpatroli sekitar wilayah humum Mataram berdialogis dengan para jamaah yang berada di masjid attaqwa menghimbau agar tidak mudah terpengaruh oleh kelompok radikal ataupun anti pancasila yang menebar berita tidak benar atau hoax.

Selanjutnya anggota mberdialogis dengan para pemuda yang sedang berkumpul didaerah pagutan menyerap informasi mengenai kamtibmas setempat serta memberi himbaun pada mereka untuk lebih bijak menganggapi berita agar tidak mudah terprovokasi oleh berita yang kebenarannya diragukan (hoax),serta bila ada aksi mencurigakan tentang penculikan anak,segera dilaporkan pada pihak kepolisian,dan tidak main hakim sendiri.

Selain itu berdialogis dengan masyarakat yang berkumpul didaerah jeruk manis cakranegara memberi himbauan serta mengingatkan untuk tidak mengkonsumsi miras yang dapat menjurus ke aksi premanisme yang kerap kali meresahkan masyarakat.

Selanjutnya anggota melaksanakan QW 6 dengan memberi sumbangan sembako kepada kakek Rah usia 60 th yang berkediaman di digubuk jalan Catur Warga (Belakang Hotel Aston ),yang kesehariannya sebagai pemulung. Sembako yang kedua kami berikan pada Kakek Jumasih usia 70 tahun alamat karang jasi beliau kesahariannya mencari rejeki sebagai pemulung.

Media sosial yang kita ketahui sangat mempermudah kita untuk mengetahui informasi namun juga tidak meninggalkan sisi negatifnya yang merugikan masyrakat jadi bijaklah dalam menanggapi berita .

Related Articles

1 thought on “Masyarakat Harus Bijak Dalam Menanggapi Berita Hoax”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close