Ternyata Issu Penculikan Anak Itu Cuma Hoax

21 Maret, 2017
577 Views

 

KRUMUNAN WARGA YANG HENDAK MENGHAKIMI SULAIMAN

Aikmel – Beredarnya pesan singkat di berbagai Medsos (media sosial) seperti di facebook dan medsos lainnya terkait adanya penculikan anak di sejumlah Desa di wilayah Kabupaten Lombok Timur cukup membuat Geram warga, bagaimana tidak menurut Informasi yang merebak, sudah puluhan anak  menjadi korban penculikan, imbas dari informasi yang hanya Isapan Jempol tersebut membuat Sulaiman   hampir diamuk warga Desa kalijaga karena dituding sebagai dalang menghilangnya anak dibawah umur yang terjadi di sejumlah Desa,  beruntungnya aparat Desa setempat cepat mengambiltindakan dan menghubungi pihak kepolisian dan selanjutnya dibawa ke Mapolres Lotim untuk selanjutnya dilakukan penyidikan, usai dilakukan penyidikan ternyata pria asal Kab. Sumenep itu bukanlah seorang penculik melainkan orang yang meminta sumbangan untuk salah satu Pesantren di daerah asalnya, hal tersebut disampaikan Kasubbag Humas Polres Lotim saat diconfirmasi di ruangannya Senin (20/03) pkl 11.00 wita. Kami dari Pihak Kepolisian Resor Lombok Timur memastikan bahwa isu penculikan anak yang beberapa hari belakangan ini merebak, tidak benaradanya. untuk itu, masyarakat kami minta untuk tidak cepat percaya dan tetap tenang.

PERSONEL SAT SABHARA SAAT MENGEVAKUASI TERDUGA PENCULIK ANAK DARI AMUK MASA

Kapolres Lotim AKBP Wingky Adhityo S.I.K, MH. melalui Kasubbag Humas mengatakan, adanya isu yang menyatakan terjadi upaya penculikan anak, sangat meresahkan masyarakat. Padahal, isu tersebut Hoax (berita bohong), ”Isu penculikan anak yang banyak beredar belakangan ini, itu bohong “terangnya”.

Iptu I Made Tista menambahkan, hal ini harus saya sampaikan kepada Masyarakat supaya jangan terlalu parno (khawatir) dengan issu yang saat ini berkemban ditengah – tengah Masyaraka,  kendati demikian jangan terlalu underistimate (menganggap remeh) setiap informasi yang berkembang.

Kewaspadaan orang tua terhadap keselamatan dan keamanan anggota keluarganya, harus selalu ada. Namun, masyarakat juga diminta untuk tidak begitu saja mempercayai kabar burung yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya, kalau memang Penculikan tersebut benar adanya dan pernah terjadi di wilayah Hukum Polres Lombok Timur, pasti kami sudah menerima Laporan baik dari Masyarakat yang mengadu maupun dari laporan Bhabinkamtibmas yang sudah tersebar di masing – masing Desa, namun sejauh ini tidak ada satupun laporan yang masuk, dari hasil lidik pihak kami juga membuktikan adanya kasus Penculikan anak tersebut Nihil. “tambahnya”.

Meski kabar penculikan bisa dipastikan Hoax atau tidak benar, pihak Kepolisian Resor Lombok Timur tak ingin berdiam diri. I Made Tista mengatakan, pihaknya tetap melakukan pengawasan dan patroli, Terutama di lokasi yang dirasa terdapat kemungkinan terjadinya tindak pidana.Kami juga mengimbau khususnya kepada orangtua yang memiliki anak dibawah umur agar tetap melakukan pengawasan, jangan mudah mempercayai orang yang tidak dikenal ” sarannya”.

Apabila nantinya kasus serupa terjadi di Masyarakat atau ada Masyarakat yang mendapatkan pesan singkat maupun pernah membaca Postingan di berbagai Media Social seperti facebook, Instagram, tweeter dan Medsos lainnya terkait kabar penculikan, diharapkan jangan Mudah percaya jangan mudah terprovokasi serta main hakim sendiri, segera hubungi Bhabinkamtibmas setempat atau diconfirmasi dulu kebenaran info tersebut hal ini kita lakukan guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan.(yief).

You may be interested

Polwan Polres Lotim Jenguk Peteran Yang Terlupakan
Binkam
shares2 views
Binkam
shares2 views

Polwan Polres Lotim Jenguk Peteran Yang Terlupakan

Polres Lotim - Agu 18, 2017

[caption id="attachment_37190" align="alignleft" width="378"] BRIPKA IKA SAAT MEMBERIKAN BINKISAN KEPADA ABU SAMSUDIN[/caption] Sukamulia - Orang Bijak mengatakan; masalalu untuk dikenang…

Dit Sabhara Polda NTB Melaksanakan Pengamanan Dan Buddy System HUT RI Ke 72
Binkam
shares3 views
Binkam
shares3 views

Dit Sabhara Polda NTB Melaksanakan Pengamanan Dan Buddy System HUT RI Ke 72

DIT SABHARA - Agu 18, 2017

Mataram – Dit Sabhara Polda NTB. Kamis (17/08/2017). Seputar Pengertian kemerdekaan adalah Suatu kebebasan, sedangkan peringatan hari kemerdekaan suatu Negara…

Brimob Detasemen A Sumbawa Amankan Paralon Diduga Bom
Umum
shares4 views
Umum
shares4 views

Brimob Detasemen A Sumbawa Amankan Paralon Diduga Bom

adminpolda 2 - Agu 17, 2017

Mataram - Dipimpin Komandan Subden 3 Gegana Detasemen A Sumbawa Iptu Yuswanto, Rabu (16/8) sekitar pukul 05.50 wita, 7 personil personil Subden…

Leave a Comment

Your email address will not be published.