Malam Minggu Sabhara Polda NTB Memberikan Himbauan Kepada Masyarakat

Mataram – Dit Sabhara Polda NTB. Sabtu (11/3/2017) “Tentram ialah aman atau ( tidak rusuh, tidak dalam kekacauan) Selanjutnya Tertib ialah aturan, peraturan yang baik, misalnya tertib acara aturan dalam sidang (rapat dan sebagainya), acara program, tertib hukum yaitu aturan yang bertalian hukum. ketertiban artinya aturan peraturan, kesopanan, peri kelakuan yang baik dalam pergaulan, keadaan serta teratur baik.”

Untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas) yang aman kondusif, Dit Sabhara Polda NTB Subdit Dalmas Ton 2 Ki 1 yang dipimpin langsung oleh Bripka Imbing Susanto melaksanakan patroli dialogis dan menyambangi, masyarakat dan kandang kumpul di seputaran Mataram dan sekitarnya .

Yang diawali dengan arahan dan instruksi langsung oleh BRIPKA Imbing Susanto saat mengawali giat patroli yaitu kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban serta kenyamanan pada masyarakat dengan tidak mengenal waktu, biar lelah itu kewajiban dan tugas kita sebagai polisi dan personil sabhara kita harus siap,sigap dan bertanggung jawab dalam kondisi dan situasi apapun sabhara adalah tulang punggung kepolisian, dan target kami pada malam dan dini hari ini salah satunya adalah menyambangi sekelompok masyarakat dan kandang kumpul, kita ketahui bahwasannya di daerah Lombok, banyak terdapat ‘’kandang kumpul dan masih banyak masyarakat yang dimalam hari masih melakukan aktivitasnya.

Target pertama adalah adanya sekelompok anak muda yang dimalam hari masih menongkrong di pinggir jalan, di desa Buk buk Kec. Lingsar Kab.Lombok Barat. Anggota patroli berdialogis dengan anak-anak tersebut guna memberikan himbauan agar selalu menjaga ketertiban dan keamanan dalam bermasyarakat,sehingga dapat terciptanya Kamtibmas yang mantab. Dan anggota patroli menghimbau kepada anak muda tersebut selalu menghindari namanya minuman keras atau beralkohol,karena dapat merusak diri sendiri dan merugikan orang lain.

anggota patroli Ton 2 Ki 1 memberikan himbauan kepada anak muda

Selanjutnya anggota patroli menuju kandang kumpul. Dimana tidak sedikit masyarakat bermata pencahrian dengan mengharapkan hasil dari ternaknya , salah satunya berternak sapi  . dan tidak jarang kandang kumpul menjadi sasaran bagi para pelaku tindak kejahatan, dengan memanfaatkan situasi dan kondisi yang sepi terutama pada jam-jam rawan yaitu malam dan dini hari,  oleh karena hal itu kami melaksanakan patroli dialogis pada salah satu kandang kumpul yang berada di wilayah narmada, Lombok barat, berdialogis dengan pemilik dan penjaga kandang kumpul tersebut,  sekaligus bersilaturahmi dan mendengarkan saran serta keluh kesah , tidak lupa pula kami memberikan pesan-pesan kamtibmas agar kita bahu membahu bersama-sama ikut berpartisipasi meningkatkan kewaspadaan terhadap modus-modus tindak kejahatan yang kian beragam,  karena dengan bersama-sama kita peduli kita dapat mempersempit ruang gerak serta niat dari para pelaku tindak kejahatan.

anggota patroli memberikan pesan pesan kamtibmas terhadap penjaga kandang kumpul

Diharapkan dengan adanya anggota patroli dapat memberikan keharmonisan,kestabilan untuk menjaga dan ketertiban yang ada di masyarakat. (M.M)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close