Gerakan 1000 Pohon, Polisi Ajak Mahasiswa Peduli Lingkungan

Bhabinkamtibmas Desa Lanta Barat bersama komunitas mahasiswa pecinta alam

Bima – Masyarakat  sering kali kesulitan menanam tanaman di sekitar rumah karena keterbatasan lahan. Padahal, tanaman memiliki banyak fungsi ekologis yang menguntungkan manusia. Tanaman bermanfaat memperbaiki kualitas udara melalui proses fotosintesis yang mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi oksigen (O2). Tanaman juga dapat menurunkan suhu udara di sekitar rumah. Namun ironisnya, sebagian orang justru menebangi pohon di depan rumah dengan berbagai alasan.

Oleh karena itu, Bhabinkamtibmas Desa Lanta Barat Kecamatan Lambu Kabupaten Bima melaksanakan giat penanaman 1000 pohon di sepanjang jalan Lintas Lanta Barat bersama mahasiswa pencinta alam yang di bantu oleh masyarakat, Kamis (09/3).

Sebanyak lebih dari 1000 pohon mahoni ditanam bertujuan untuk melestarikan lingkungan, penghijauan dan menjaga daerah resapan air.

Melalui kegiatan peduli terhadap lingkungan ini, masyarakat juga diajak untuk bersama-sama memberikan perhatian dan mengambil aksi nyata dalam bersama-sama menjaga lingkungan, khususnya upaya penghijauan dan penanaman kembali pohon-pohon yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

Brigadir Adhar Polres Bima Kota selaku Bhabinkamtibmas Desa Lanta Barat menuturkan, bahwa “Apa yang kami lakukan ini memang masih dalam skala yang terbatas tetapi kami percaya bahwa upaya sekecil apapun bagi pelestarian lingkungan patut untuk dilakukan, mengingat bahwa lingkungan saat ini telah mengalami perubahan dan kerusakan yang memerlukan perhatian kita semua,”. pungkasnya.

Kami berharap dengan adanya kerjasama dari para pemangku kepentingan lainnya upaya untuk terus menjaga kelestarian lingkungan dapat ditingkatkan agar anak cucu kita nantinya masih dapat menerima warisan lingkungan yang memungkinkan mereka untuk hidup layak, aman, damai dan sejahtera. (yos/cle).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close