Kedepankan Peran Polri di Masyarakat, Kapolda NTB Jamin Keamanan di Sumbawa

Kapolda NTB Brigjen Pol Drs. Firli, M.Si.

Sumbawa – Kapolda NTB Brigjen Pol Drs. Firli, M.Si. pagi tadi, Jum’at (10/3) mengunjungi Polres Sumbawa. Dalam kunjungannya, Kapolda NTB memberikan arahan kepada anggota Polres Sumbawa dan anggota Brimob Subden 2 Den A Sumbawa.

Kapolda NTB menyampaikan, bahwa dilihat dari heterogen penduduk penduduknya, ada suku Sumbawa, Sasak, Bali, Jawa, Flores, dan Tionghoa. Artinya dengan heterogen penduduk itu ada tantangan tersendiri bagi anggota Polres Sumbawa, karena ada perbedaan antar suku ras dan agama.

Menurutnya, perbedaan yang ada harus dirangkul supaya menjadi sesuatu kekuatan yang dikenal dengan kebhinekaan.

Kapolda NTB berpendapat, bila sudah bisa dipelihara, maka keberagaman itu merupakan kekuatan dalam membangun bangsa dan membangun masyarakat Indonesia menuju Indonesia yang aman adil dan sejahtera.

Tentu untuk mencapai kesejahteraan, dasar utamanya adalah keamanan, disinilah letak peran Polri itu.

“Peran Polri dalam rangka mewujudkan rasa aman, nyaman, tertib kepada masyarakat kalau suasana bisa dijamin keamanannya, ada kepastian hukum, maka seluruh aktivitas masyarakat bisa berjalan,” ujar Kapolda NTB.

Dari perbedaan itu, perlu diwaspadai juga pihak – pihak yang tidak betanggungjawab dan ingin memecah belah kerukunan dengan menyebar isu provokasi ataupun hasutan yang berbau sara.

Menyikapi hal itu, Kapolda NTB menekankan kepada seluruh anggota Polres Sumbawa yang hadir agar dapat mencegah aksi provokasi atau hasutan yang berakibat memecah belah kerukunan, khususnya di wilayah Sumbawa.

“Terutama Bhabinkamtibmas agar sampaikan kepada warga jangan mudah membagikan info/share dimedsos (hoax), cermati dulu apakah itu mengandung provokasi, bersifat sara, hasutan,” Kata Brigjen Pol Drs. Firli, M.Si. [hoff]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close