Sabhara Polda Amankan Objek-Objek Vital Guna Mempersempit Ruang Gerak Pelaku Kejahatan

Mataram – Kamis (09/03) anggota subdit dalmas Ton 3 Ki 1 dibawah arahan dari Bripka I Komang Alit Tripiana selaku danton melaksanakan patroli rutin sesuai dengan Promoter dan Quick Wins Polri ke beberapa daerah yang rawan dengan aksi 3C dan kejahatan lainnya. Patroli ini dilaksanakan guna menjalin sinergitas antara polri selaku aparat keamanan dengan masyarakat serta instasi terkait agar dapat terjalin komunikasi yang baik untuk bersama menjaga kamtibmas.

Kedatangan Raja Salman beserta rombongan kerajaan Arab Saudi ke pulau Bali yang sedianya sampai tanggal 9 Maret diperpanjang hingga tanggal 12 Maret 2017 mendatang. Hal ini membuat pengamanan ekstra dilakukan oleh Polda Bali dan dua polda lain, yakni Polda Jatim dan Polda NTB untuk memberikan pengamanan imbangan di jalur keluar-masuk menuju pulau dewata. Untuk Polda NTB sendiri, pengamanan ekstra dilaksanakan baik itu melalui jalur darat, laut maupun udara. LIA, pelabuhan Lembar, pelabuhan Bangsal di Lombok Utara adalah beberapa objek yang mendapatkan pengamanan yang lebih ketat dari pihak kepolisian, TNI, dan unsur-unsur terkait.

 
Menanggapi hal tersebut, Anggota Ton 3 Ki 1 yang berkekuatan 24 personil melaksanakan patroli ke Bandara Internasional Lombok (LIA). Anggota Ton 3 Ki 1 bersama polres Lombok Tengah dan anggota TNI melaksanakan pengamanan di tiap-tiap pintu keluar masuk bandara tersebut, setiap orang dan barang yang masuk maupun keluar dari bandara akan melalui pemeriksaan guna mencegah barang-barang yang berbahaya dan sebagainya.

 

Selain itu kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mencegah dan menghindari adanya teroris dan semacamnya yang akan mengganggu keberadaan Raja Salman beserta rombongan di Bali. Kegiatan seperti ini akan tetap dilaksanakan hingga tanggal 12 Maret 2017 bersamaan dengan selesainya kunjungan Raja Salman di Bali. Oleh karena itu, kami himbau kepada masyarakat yang akan melaksankan perjalanan keluar daerah agar jangan khawatir ataupun takut bila ada pengecekan oleh anggota di lapangan, hal ini tidak lain tujuannya untuk memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat.

Setelah melaksanakan pengamanan di bandara anggota bergeser ke terminal Mandalika untuk mengantisipasi kejahatan-kejahatan yang mungkin saja terjadi. Anggota juga berdialog dengan para penumpang yang akan bepergian. Hal ini dilakukan untuk memberikan himbauan-himbauan kepada para penumpang supaya menjaga diri dan barang bawaan dengan sebaik-baiknya serta tetap selalu waspada dengan orang-orang yang tidak dikenal.Selain dengan para penumpang, anggota juga berdialog dengan para sopir agar memerhatikan keselamatan dalam berkendara dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada di jalan.

 
Semoga dengan adanya giat pengamanan imbangan yang dilakukan berbagai tempat di Polda NTB terkait kedatangan Raja Salman dan rombongan di Bali dapat memberikan rasa aman, nyaman dan dapat memperkecil ruang gerak para pelaku kejahatan yang dapat mengakibatkan gangguan kamtibmas di Pulau Bali dan sekitarnya. (Ton 3/1)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close