Ditlantas Polda NTB Segera Menerapkan E-Tilang Maret 2017

Sambutan Kapolda NTB  Brigjen Pol Drs. Firli M.Si.

Mataram – Kapolda Ntb Brigjen Pol Drs.Firli M.Si. menbuka acara sosialisai E-Tilang menurut PERMA No.12 Th.2016 yang dilaksanakan di Balroom Hotel Lombok Plaza Jl.Pejanggik No.8, Cakranegara Bar.,Kec. Mataram, Kota Mataram, Ntb.Kamis (9/3/2017).

 

Sambutan dari Korlantas Kombes Pol Edi Junaidi S.I.K.

Dalam acara tersebut turut hadir perwakilan dari Korlantas Polri Kombes Pol Edi Junaidi S.I.K. beserta tim, Kajati Ntb, Ketua Pengadilan Tinggi Ntb, Kepala BRI Cab.Mataram, Narasumber dari Mahkamah Agung RI dan Kejaksaan Agung RI, BRI Pusat, Pejabat Utama Polda Ntb, Kapolres Mataram dan Lombok Barata, Kasat Lantas jajaran Polda Ntb, Dan Perwakilan  Anggota Satlantas jajaran Polda Ntb.

Sambutan Kapolda Ntb Brigjen Pol.Drs. FIRLI, M.Si. dalam Sosialisasi PERMA No.12 Th.2016 Tentang E-Tilang, menindak lanjuti program prioritas Kapolri (Promoter) yang bertujuan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat berbasis IT serta menegakkan hukum yang proposional dan berkeadilan polri telah melakukan trobosan hukum melalui penyederhanaan prosudur penyelesain tilang dengan menerbitkan sisten E-Tilang.

Dengan adanya sistem E-Tilang, maka pelanggar tidak diharuskan hadir dan hanya akan membayar besaran denda tilang sebagaimana putusan hakim sesuai tabel denda tilang yang telah ditetapkan, penyelesaian perkara pelanggaran Lalu Lintas akan berjalan dengan efektif dan efesien, dengan demikian upaya mengoptimalkan pengelolaan perkara pelanggaran Lalu Lintas diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik yang prima, mendorong akuntabilitas penegakan hukum serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap hukum dan peradilan.

E-Tilang bertujuan untuk mempercepat proses penindakan dalam bentuk tilang kepada pelanggar dan memangkas sistem birokrasi yang berbelit-belit sehingga terbangunnya penegakkan hukum yang cepat, tepat, akurat, transparan, informatif dan akuntabel serta mudah di akses.

Di akhir amanat, Kapolda Ntb berharap dalam tahap sosialisasi ini terjalin interaksi yang positif dari masing-masing stake holder untuk mendapatkan solusi terbaik tentang penerapan E-Tilang yang tepat sesuai kondisi wilayah Ntb, Ujar Firli.

Kegiatan Sosialisasi yang di ikuti sekitar 100 orang peserta, dirangkaikan dengan berbagai kegiatan antara lain pengarahan dari nara sumber dan dilanjutkan dengan pelatihan teknis E-Tilang Polri, E-tilang Kejaksaan, dan aplikasi SIPP.(Alf/Lnts)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close