Kapolda NTB Komitmen Jadikan Daerah NTB Aman Untuk Wisatawan

Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. Firli, M.Si

Praya – Kapolda NTB, Brigjen Pol Drs. Firli, M.Si memiliki visi NTB aman, tertib, tenteram, damai, dan nyaman bagi wisatawan. NTB punya potensi menjadi tujuan utama wisatawan bukan hanya sekedar alternatif.

“Untuk itu kami ingin pastikan beberapa daerah yang dibangun pariwisatanya agar disiapkan,” kata Kapolda saat silaturahmi dengan Bupati Lombok Tengah, H M Suhaili FT, Wakil Bupati Lombok Tengah, Pathul Bahri, dan Ketua DPRD Lombok Tengah, H Muhammad Fuadi, Senin (6/3).

Kapolda menyampaikan permintaan kepada Bupati agar melancarkan proyek-proyek besar. Menurut dia, bila sudah berjalan akan membutuhkan tenaga kerja sehingga mengurangi angka pengangguran.

“Untuk masyarakat harus diberikan pengetahuan tentang pariwisata diimbangi dengan SDM. Wisatawan jangan diganggu sehingga merasa nyaman. Kondisi keamanan dan tingkat perekonomian tidak terlepas dari kerjasama antar stakeholder terkait,” kata Firli.

Kapolda mencatat, hanya 37 wisatawan yang menjadi korban kejahatan dari total kunjungan 3 juta wisatawan pada 2016 lalu. Hal itu menunjukkan bahwa di daerah ini tidak marak gangguan wisatawan.

“Sangat rendah tetapi kita terus berupaya meniadakan gangguan wisatawan. Bukan domain Polri semata tetapi juga peran serta masyarakat yang turut membantu menjaga,” kata Kapolda.

Kapolda juga menegaskan bahwa bicara pariwisata sangat erat kaitannya dengan SDM, baik itu pengetahuan, pemahaman, keterampilan, maupun perilaku dalam menerima wisatawan itu sendiri.

Di kawasan wisata ITDC, polisi sudah mengerahkan 12 personel yang standby memberikan pengamanan. Dalam waktu dekat, pihak ITDC dan pemerintah daerah tingkat I dan tingkat II bekerjasama untuk membangun pos polisi. (azi/ed)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close