Patroli Malam Yang Menciptakan Suasana Aman dan Nyaman Kepada Masyarakat

Mataram – Dit Sabhara Polda NTB. Keamanan dan ketertiban di masyarakat merupakan dambaan bagi kita semua, sehingga untuk menciptakan dan menjaga itu, diperlukan kerjasamanya di antara para tokoh agama, pemuka masyarakat serta aparatur-aparatur untuk menjaga keamanan. Masyarakat luas tentu sangat mengetahui fungsi dari kepolisian Republik Indonesia adalah untuk menjaga keamanan, ketertiban masyarakat. Tentu berperan penting dalam menjaga keharmonisan dan kerukunan serta membina dengan norma-norma yang berlaku di tengah-tengah masyarakat.

Oleh karenanya,  Minggu  5 Maret  2017 , Ton 2 Ki 1 Subdit Dalmas , Dit Sabhara Polda NTB , yang dipimpin langsung oleh BRIPKA IMBING SUSANTO kami melaksanakan patroli rutin dengan mengunjungi beberapa tempat yang rawan aksi 3C. Patroli ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas dan agar lebih mendekatkan Polri dengan masyarakat guna terjalinnya sinergitas yang kuat. Patroli kali ini dilaksanakan sebagaimana program kerja Kapolri yang tertuang baik itu dalam Commander Wish, Promoter, maupun Quick Wins Polri.

Diawali dengan patroli di daerah Perumahan. Anggota patroli melaksanakan patroli rutin dengan melaksanakan mengunjungi Perumahan Crystal Regency Mataram kemudian dilokasi tersebut anggota berdialogis dengan petugas jaga yang sedang bertugas dan para security pun merasa terbantu karena adanya polisi patroli. Berdasarkan hasil patroli di perumahan ini, situasi kamtibmas aman dan kondusif. Sekaligus anggota patroli menghimbau agar selalu waspada terhadap tindakan-tindakan 3C dan anggota patroli memberikan pesan pesan kamtibmas kepada security/satpam yang berjaga.

anggota patroli Ton 2 Ki 1 melaksanakan dialogis dengan Securty perumahan

Selanjutnya Anggota Patroli Ton 2 Ki 1 melaksanakan patroli dialogis di depan Kantor PO. Damri Sweta. Anggota patroli berdialogis dan memberikan himbauan kepada supir taxi yang sedang mangkal menunggu penumpang tiba,agar tetap waspada terhadap tindak kejahatan jalanan. Sekaligus anggota patroli menyarankan bila menemukan tindak kejahatan agar segera melaporkan kepolsek terdekat. Kemuadian anggota patroli bergeser ke Desa Kekeri Kec. Gunungsari. Berdialogis bersama masyarakat dan anak anak muda yang sedang nongkrong dan meronda menyampaikan pesan pesan kamtibmas agar besama-sama meningkatkan kewaspadaan kejahatan yang kian beragam.

anggota patroli memberikan himbauan kepada supir taxi
anggota patroli menyampaikan pean pesan kamtibmas kepada masyarakat

Selanjutnya anggota patroli Ton 2 Ki 1 melaksanakan patroli dialogis di Kandang Kumpul Sandik,Kec.Gunungsari Kab. Lombok Barat . Anggota patroli berdialogis dengan pemilik dan penjaga kandang kumpul tersebut,  sekaligus bersilaturahmi dan mendengarkan saran serta keluh kesah , tidak lupa pula kami memberikan pesan-pesan kamtibmas agar kita bahu membahu bersama-sama ikut berpartisipasi meningkatkan kewaspadaan terhadap modus-modus tindak kejahatan yang kian beragam,  karena dengan bersama-sama kita peduli kita dapat mempersempit ruang gerak serta niat dari para pelaku tindak kejahatan. Sekaligus menggali informasi dari masyarakat,mengingat minggu lalu telah terjadi pencurian hewan ternak sapi sebanyak 3 ekor di daerah tersebut. 

anggota patroli mendengar keluh kesah dari laporan masyarakat dan sekaligus bertukar informasi

Semoga dengan hadirnya anggota patroli di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan rasa nyaman dan aman. Tidak lupa dalam pemberian apel konsolidasi setelah pelaksanaan tugas patroli BRIPKA IMBING berpesan ’Jangan berkecil hati karena kekuranganmu. Jangan sombong karena kelebihanmu. Tetaplah rendah hati, dan lakukan sesuatu yang berarti’. (M.M)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close