Kecelakaan Kapal Polisi dengan Kapal Penumpang jurusan Gili Trawangan

6 Maret, 2017
529 Views

kondisi pada saat kecelakaan

Pemenang- Minggu (5/3) kemarin, sekitar pukul 11.00 Wita, saat salah satu public boat yang bertolak dari Pelabuhan Bangsal menuju Gili Trawangan dengan membawa 41 penumpang bertubrukan dengan kapal milik Polisi Perairan (Polair) Polda NTB.

Dir Polair Polda NTB Kombes Pol Edwin Rachmat Adikusumo membenarkan kejadian tubrukan antara public boat dengan salah satu kapal milik kesatuannya (KP.XXI-2012).

Beliau menceritakan “Kapal penumpang Pasir Putih yang berangkat dari pelabuhan bangsal menuju Gili Trawangan bertubrukan tepatnya di perairan antara gili Meno dan Gili Air dengan KP XXI-2012 yang berangkat dari Gili Trawangan menuju Teluk Nare, sehingga menyebabkan bagian depan kapal penumpang tersebut mengalami kerusakan.

“Kejadian tersebut memang tidak dapat dihindari, hanya saja sesaat sebelum tubrukan, kapten kapal Pasir Putih langsung mematikan mesin kapal untuk memerlambat laju kapalnya agar KP XXI-2012 tidak menghantam bagian tengah kapal sehingga tidak menimbulkan banyak korban” imbuhnya.

Komandan Kapal Polisi XXI-2012 Brigadir Alwin M. Saleh saat dikonfirmasi terkait kronologis kejadiannya menjelaskan, “Saat itu kami sedang melaksanakan patroli rutin di perairan Kabupaten Lombok Utara (KLU), tapi saat ditengah perjalanan kembali ke Teluk Nare, saat di tengah-tengah perairan Gili Meno dan Gili Air, tiba-tiba public boat melintas sehingga terjadilah kecelakaan itu”.

“Posisi public boat yang mengambil jalur terlalu kiri, dekat dengan Gili Air membuat kami bertubrukan. Seharusnya jalur kapal ke Trawangan agak ke tengah dan lurus dari Bangsal. Untung kami membawa kapal dalam kecepatan normal, kurang lebih 10 knot, jadi tidak sampai mengakibatkan kapal terbalik” tambahnya.

Namun malang tak dapat ditolak, karena panik, saat kejadian tubrukan tersebut penumpang kapal Pasir Putih berusaha menyelamatkan diri dengan terjun ke laut, alhasil 1 orang penumpang diantaranya mengalami luka berat dan beberapa penumpang lainnya luka ringan. Melihat keadaan tersebut anggota KP.XXI-2012 langsung menyelamatkan korban dibantu oleh 3 kapal penumpang yaitu kapal penumpang Coconut Boat, Pokok Genem dan 1 kapal penumpang lainnya yang saat itu sedang melintas.

proses penyelamatan korban

Para korban langsung dievakuasi oleh Personil KP.XXI-2012 membawa 3 orang korban luka kembali ke Pelabuhan Bangsal dan langsung menghubungi ambulance. 2 orang korban yang mengalami luka ringan yaitu Faturrahman (22) dan Ariman (27).

Korban dibawa menuju Puskesmas terdekat dan saat itu sudah bisa dipulangkan, sedangkan 1 orang korban luka berat Lalu Gede Arya (23) dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara menggunakan ambulance untuk penanganan lebih lanjut. Sedangkan 37 penumpang lainnya melanjutkan perjalanan ke Gili Trawangan menumpangi Public Boat Coconut dan Pokok Genem. Kapal Pasir Putih sendiri ditarik oleh kapal penumpang lainnya kembali ke Pelabuhan Bangsal.

Melalui kesempatan yang baik ini Dir Polair Polda NTB dan jajarannya meminta maaf kepada korban, keluarga korban dan semua masyarakat atas musibah ini. Sebagai wujud tanggung jawabnya, Brigadir Alwin selaku komandan kapal KP XXI-2012 menemani korban dan standby di RS. Bhayangkara.

“Saya selaku pelayan masyarakat dan secara pribadi siap bertanggung jawab dan meminta maaf sebesar-besarnya atas musibah kemarin, sekaligus berterima kasih pada teman-teman kapten kapal penumpang yang telah membantu evakuasi kemarin” ujar Alwin.

Dir Polair menghimbau kepada semua pihak untuk selalu berhati-hati dan tetap mematuhi aturan keselamatan dilaut. (edw)

You may be interested

Kapolda NTB Turun Redam Ribut Antar Kampung di Bima
Umum
shares2 views
Umum
shares2 views

Kapolda NTB Turun Redam Ribut Antar Kampung di Bima

Admin Polda - Mei 28, 2017

[caption id="attachment_30990" align="aligncenter" width="740"] Kapolda NTB buka paksa blokade jalan di bima[/caption] Mataram - Pemblokiran jalan yang menjadi ujung peristiwa…

Polri Mengajak Masyarakat Tingkatkan Ketaqwaan dan Kurangi Kegiatan Negatif Dibulan Ramadhan
Binkam
shares2 views
Binkam
shares2 views

Polri Mengajak Masyarakat Tingkatkan Ketaqwaan dan Kurangi Kegiatan Negatif Dibulan Ramadhan

DIT SABHARA - Mei 28, 2017

Mataram 27 Mei , akhirnya bulan suci yang dinanti-nanti masyarakat tiba, hari pertama puasa tidak menurunkan ataupun mengurangi kegiatan Sabhara…

339 Personel Polres Sumbawa Diterjunkan Untuk Melaksanakan Pengamanan Shalat Tarawih
Headline
shares6 views
Headline
shares6 views

339 Personel Polres Sumbawa Diterjunkan Untuk Melaksanakan Pengamanan Shalat Tarawih

Polres Sumbawa - Mei 27, 2017

[caption id="attachment_30767" align="alignnone" width="700"] Kapolres Sumbawa AKBP Yusuf Sutejo, SIK, MT[/caption] Sumbawa Besar - Bulan suci ramadhan kini telah tiba,…

Leave a Comment

Your email address will not be published.