Giat Empati di Hari Penuh Berkah, Sabhara Polda Sentuh Hati Masyarakat Yang Kurang Berada

Mataram Tingkat kesejahteraan masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang kita cintai ini masih tergolong rendah bila dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia. Tingkat kesejahteraan masyarakat yang masih rendah ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintah daerah untuk dapat segera diatasi. Kurang lapangan pekerjaan dan kualitas sumber daya manusia yang rendah menjadi beberapa faktor penyebabnya.  Oleh karena itu perhatian pemerintah kana hal ini sangat dibutuhkan. Polri sebagai salah satu mitra pemerintah pun turut serta mengambil bagian untuk mengatasi permasalahan ini, meskipun hanya sebatas memberikan sumbangan berupa bahan-bahan pokok. Selain untuk mengurangi beban hidup masyarakat, kegiatan ini juga dapat mencegah munculnya berbagai tindak kejahatan seperti pencurian, perampokan dsb yang bisa terjadi karena adanya kesenjangan sosial di tengah-tengah masyarakat.

Hari ini (03/03) anggota Ton 3/1 dit Sabhara Polda NTB yang berada dibawah arahan langsung dari Bripka I Komang Alit Tripiana melaksanakan patroli dialogis untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat sebagaimana tugas pokok kepolisian. Disamping melaksanakan tugas pokok sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, anggota juga turut serta membantu pemerintah daerah dalam mengurangi angka kemiskinan di tengah-tengah masyarakat melalui kegiatan “Empati Seribu Rupiah Polda NTB”.

Anggota Ton 3/1 yang terdiri dari 24 personil melaksanakan kegiatan empati ke daerah Lombok Tengah. Namun di tengah perjalanan anggota terlebih dahulu melakukan giat pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas di simpang empat Karang Jangkong, Mataram berhubung ada upacara ngaben di Pure Karang Jangkong. Arus lalu lintas yang melintasi Jalan Pejanggik sedikit terganggu, namun tidak berlangsung lama. Anggota Ton 3/1 dibantu anggota Polres Mataram dapat mengatasinya dengan cepat dan tepat, sehingga arus lalu lintas dan iring-iringan jenazah yang hendak menuju Pure Karang Jangkong dapat berjalan dengan tertib.

  

Selanjutnya anggota menuju sasaran empati di desa Kidang, kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah. Anggota memberikan empati kepada Papuq Miasih yang berusia 80 tahun. Beliau tidak memilik pekerjaan tetap dan tinggal bersama suaminya di rumah sederhana miliknya. Anggota juga memberikan empati kepada Ibu Rasmi yang berusia 70 tahun, tinggal berdua bersama cucunya yang masih berusia 6 tahun di sebuah rumah yang berdiri sederhana di tengah-tengah perkampungan warga. Banyaknya masyarakat di derah tersebut yang kurang mendapat perhatian membuat mereka amat bahagia dengan sedikit rezeki yang diterimanya. Semoga kedepannya hal ini menjadi perhatian khusus bagi pihak yang terkait. Karena masyarakat sangat mengharapkan bantuan langsung seperti ini.

  

Setelah memberikan empati, anggota yang beragama Islam melaksanakan shalat Jumat di Masjid Nurul Iman yang terletak tak jauh dari lokasi penyaluran empati. Anggota juga berdialog dengan masyarakat setempat yang terdiri dari tokoh agama, tokoh masyarakat dan pengurus masjid setempat. Anggota memberikan himbauan kepada masyarakat agar lebih selektif dalam mencerna informasi yang ada di media cetak maupun elektronik kaitannya dengan masalah RAS dan agama yang dapat memicu terjadinya konflik. Selain itu, anggota juga menerima saran dan masukan serta harapan dari masyarakat kepada anggota polri agar kedepannya menjadi insan bhayangkara yang dapat menjadi tauladan bagi masyarakat.

  

Semoga dengan adanya sedikit bantuan dari Gerakan Empati 1000 Rupiah Polda NTB dapat meringankan saudara-saudara kita yang mendapat ujian lebih berat. Semoga juga dengan adanya dialog bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat dapat memberikan wawasan terkait informasi-informasi yang belum tentu kebenarannya serta tidak mudah terprovokasi oleh orang–orang yang dapat menyebabkan konflik antar umat beragama. Mari bersama-sama kita menjaga situasi KAMTIBMAS di wilayah NTB agar tetap aman dan kondusif. (Ton 3/1)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close