Sabhara Laksanakan Cipta Kondisi di Daerah Rawan untuk Mengurangi Adanya Gangguan Kamtibmas

Mataram – Sabhara merupakan salah satu fungsi kepolisian yang bertugas untuk menjaga kamtibmas secara preventif. Berbagai macam upaya dilakukan oleh fungsi Sabhara guna menciptakan situasi kamtibmas tetap terjaga. Salah satunya dengan melaksanakan kegiatan patroli rutin yang dilaksanakan dalam ikatan regu maupun pleton. Hal demikian juga berlaku di lingkungan dit Sabhara Polda NTB yang selalu siap dan tanggap dalam menjaga kamtibmas baik itu siang maupun malam hari agar tetap aman dan kondusif.

Malam ini (28/02) untuk menjaga keamanan dan menciptakan situasi kamtibmas agar tetap aman dan kondusif bagi masyarakat, anggota piket siaga Dit Sabhara Polda NTB Ton 3/1 dibawah arahan Bripka I Komang Alit Tripiana beserta anggota melaksanakan patroli ke beberapa daerah di sekitar Kota Mataram dan Lombok Barat. Patroli ini dilakukan guna menjalin komunikasi dan sinergitas antara Polri dengan petugas keamanan lain baik itu security, anggota ronda, dsb dalam menjaga keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat. Disamping itu, anggota juga dapat mendengar langsung kendala-kendala dan saran-saran dari petugas keamanan.

Anggota melaksanakan patroli pertama dengan mengunjungi perumahan Bale Pelangi yang terletak di Sandik, Batu Layar dan berdialog dengan security setempat. Anggota menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada anggota security yang sedang berjaga agar selalu waspada terhadap aksi 3C dan agar melaksanakan patroli jalan kaki di sekitar perumahan pada jam-jam rawan minimal satu jam sekali. Diharapkan dengan kedatangan anggota Polri dapat mengurangi angka kejahatan  sekaligus dapat mendengar langsung kendala yang dihadapi petugas keamanan di lapangan dan dapat memberikan solusnya.

  

Selanjutnya anggota melanjutkan patroli dengan menyambangi perumahan Meninting Utama dan berbincang-bincang dengan petugas malam yang sedang berjaga. Angota disamping memberikan pesan-pesan kamtibmas, juga mendengar keluhan dan masukan dari petugas yang berjaga di perumahan tersebut untuk dijadikan bahan evaluasi dalam pelaksanaan tugas kedepannya.

  

Setelah mengunjugi dan memastikan situasi keamanan di perumahan Meninting Utama aman dan kondusif, anggota bergeser ke perumahan Puri Meninting yang tidak jauh dari perumahan sebelumnya. Anggota yang tiba di lokasi langsung mendapat sambutan hangat dari petugas jaga malam yang sedang menjalankan tugasnya. Ditemani secangkir kopi, mereka begitu bersemangat dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Anggota Ton 3/1 yang berada ditengah-tengah para petugas jaga memberikan pesan-pesan kamtibmas agar selalu waspada dengan aksi 3C dan kejahatan lainnya. Anggota juga menghimbau jika ada ditemukan tindak kejahatan agar segera ditangani dengan baik dan laporkan ke kepolisian terdekat. Untuk situasi kemananan saat itu terpantau aman dan kondusif. Sebelum beranjak pulang, anggota mendapat apresiasi dari petugas jaga atas kinerja selama ini dalam menjaga kamtibmas terutama berkat kehadiran bhabinkamtibmas yang setiap saat selalu ada di masyarakat.

  

Kehadiran anggota kepolisian di tengah-tengah masyarakat dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan yang optimal harus terus ditingkatkan dan diperbaiki. Masyarakat saat ini membutuhkan kehadiran sosok polisi yang langsung menyapa dan mendatangi karena diyakini dapat menekan angka kejahatan lebih maksimal. (Ton 3/1)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close