“Pergerakan Kunang-Kunang” Polres Lombok Tengah Sedang Ditingkatkan

Pemeriksaan Perlengkapan kendaraan dan Pengendara Saat Razia Berlangsung

Praya – Selasa (28/02). agenda Kepala Kepolisian Resor Lombok Tengah (Kapolres Loteng) AKBP Kholilur Rochman SH SIK MH yang berjuluk “Kunang-Kunang” saat ini mulai ditingkatkan. Peningkatan ini dilakukan semata-mata untuk menjawab keluhan masyarakat mengenai kerapnya terjadi pencurian dan kenakalan remaja dalam bentuk balap liar dengan cara penggelaran razia secara rutin.

“Biasanya ‘kunang-kunang’ ini hanya berupa patroli dialogis di jam rawan, kami akan tingkatkan menjadi razia rutin dengan target-target yang ditentukan sebelumnya seperti motor bodong, minuman keras, senjata tajam dan juga narkoba,” jelasnya.

Penggelaran razia ini tentunya agak sedikit berbeda dengan razia yang biasa Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) adakan. Pada razia (kunang-kunang) ini penindakan lebih dicondongkan kepada setiap tindakan/pelanggaran yang mengarah kepada tindak kriminal dengan mengedepankan Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) menjadi garda terdepan.

Selain mempunyai target yang berbeda, ternyata Polres Loteng mempunyai kebijakan dalam menyikapi setiap pelanggar yang terjaring pada saat razia “Kunang-kunang” ini dengan memberikan tempo untuk melengkapi identitas atau perlengkapan saat berkendara. Jika tidak, petugas akan memberlakukan penindakan sesuai prosedur yang ada.

“dalam peningkatan perdana ini kami sudah mengantongi sejumlah 9 unit motor tanpa identitas. Padahal sebelumnya kami memberikan kesempatan untuk melengkapi identitas kendaraan terutama STNK tetap saja nihil.” Ujar Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) KOMPOL Ketut Tamiana selaku pemimpin langsung kegiatan kepolisian yang di tingkatkan saat itu.

Di lain tempat KOMPOL Tamiana menerangkan bahwa ke sembilan motor itu saat ini sedang dilakukan pemeriksaan nomor kendaraan dan nomor rangka oleh sat reskrim untuk menyesuaikan dengan daftar kendaraan bermotor yang hilang. Jika ditemukan kecocokan dengan daftar yang ada maka akan dilakukan tindakan penegakan hukum.

Penulis & Publish : Rozian

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close