Operasi Simpatik Dimulai, Polres Loteng Himbau Untuk Tertib Berlalulintas

Penyematan Pita Tanda Operasi Oleh Kapolres Loteng AKBP Kholilur Rochman SH SIK MH

Praya, Lalu lintas sebagai urat nadi kehidupan sangatlah penting dalam menunjang kehidupan suatu negara. Lalu lintas juga merupakan cerminan suatu negara. Apabila lalu lintasnya tertib maka negara tersebut dapat dikatakan tertib. Melihat dari hal tersebut, negara Indonesia perlu pembenahan, baik dari mentalitas, sudut pandang, maupun kesadaran dan kepatuhan dalam berlalu lintas. Polri khususnya Polantas bersama Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ). Oleh karena itu, dianggap perlu dilakukan Operasi Kepolisian bidang lalu lintas untuk mewujudkan negara yang tertib dan berevolusi dari segi mental masyarakatnya.

Untuk itulah Polres Lombok Tengah (Loteng) dengan seluruh jajarannya dan didukung oleh instansi terkait hari ini Rabu (01/03), menyelenggarakan Operasi Kepolisian Terpusat yang diberi sandi “ Operasi Simpatik gatarin 2017” yang akan dilaksanakan selama 21 hari dimulai dari tangggal 01 sampai dengan tanggal 21 Maret 2017.

Sebagai tanda dimulainya Operasi, Polres Loteng melaksanakan gelar pasukan di lapangan apel, yang dihadiri oleh Instansi terkait seperti dari TNI, Dinas Perhubungan dan Pol PP. dan Kapolres Loteng AKBP Kholillur Rochman SH. SIK. MH. sebagai pimpinan apel saat gelar pasukan tersebut.

          Dikatakan Kepala Satuan Lalu Lintas AKP Pratiwi Noviani SH. sebagai fungsi yang dikedepankan mengatakan “tujuan diselenggarakannya Operasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ, dengan harapan terciptanya perubahan mindset berlalulintas menjadi tertib serta terciptanya Kamseltibcarlantas untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan lalu lintas “jelasnya”.

          Operasi Simpatik Gatarin 2017 ini dilaksanakan dalam bentuk pemeliharaan keamanan lalu lintas yang akan dilaksanakan oleh fungsi lalu lintas tentunya dengan didukung oleh fungsi lain, dilakukan dengan simpatik dan mengutamakan tindakan preemtif dan preventif dan apabila diperlukan, represif atau penindakan akan diterapkan.

Penulis dan Publish : Px

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close