Polri Munculkan Figur Humanis untuk Bangun Kepercayaan Masyarakat

Anggota patroli berdialog bersama Kepala Pasar Pagesangan prihal aksi preman dan premanisme.

Mataram – Polri sebagai institusi pengayom masyarakat gencar melaksanakan reformasi guna membangun Public Trust (kepercayaan masyarakat). Memunculkan figur-figur Polisi humanis yang siap mengayomi, melindungi, dan melayani masyarakat kapanpun dimanapun. Hal tersebut tidak terlepas dari cara berkomunikasi yang baik dan sopan kepada masyarakat di lapangan, mendengar keluhan serta saran. Maka dari itulah Subdit Dalmas Dit Sabhara Polda NTB mengimplemetasikan reformasi tersebut melalui setiap kegiatan-kegiatan yang bersentuhan langsung bersama masyarakata yakni patroli dialogis untuk memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat serta mendengar keluhan dan patroli Dalmas Polda NTB juga rutin membagikan paket sembako yang merupakan “Program Revolusi Mental Kegiatan Empati 1000 Rupiah Polda NTB”.

Hari ini selasa 28 februari 2017 anggota Pleton 3 Kompi 2 yang melaksanakan patroli yang dipimpin langsung oleh Danton Bripka I Gede Suparta Yasa. Patroli langsung menuju Pasar Pagesangan untuk mengantisipasi serta mencegah aksi preman dan premanisme yang marak di lakukan mendengar dari laporan keluhan-keluhan masyarakat. Anggota langsung berkordinasi bersama petugas pasar dan Satpol PP Kota Mataram prihal situasi di sekitar pasar, dengan suasana yang bersahabat guna membangun kerjasama yang baik bersama instansi lain anggota mendapat informasi bahwa kegiatan retribusi pedagang berjalan dengan baik yang diberikan kepada petugas pasar, tidak ada aksi preman yang mengancam maupun mengintimidasi pedagang. Maka diharapkan dari informasi dari petugas, pedagang, dan tukang parkir tersebut dapat membatu aparat kepolisian sebagai penjaga keamanan.

Patroli memberikan empati kepada Amaq Abdurrahman yang beralamatkan di Dusun Mejeti Desa Krama Jaya Narmada
Empati kedua diberikan kepada Inaq Rawisyah yang berdomisili di Dusun Jeranguan Krama Jaya Narmada

Sasaran anggota patroli selanjutnya memberikan 2 paket empati yang dibawa untuk membatu saudara kita yang masih di uji lebih berat. Patroli memberikan empati kepada Amaq Abdurrahman yang beralamatkan di Dusun Mejeti Desa Krama Jaya Narmada berusia 75 tahun hidup sebatang kara sehari-hari mengahrapkan bantuan dari tetangga untuk menyambung hidupnya. Bingkisan empati kedua diberikan kepada Inaq Rawisyah yang berdomisili di Dusun Jeranguan Krama Jaya Narmada usianya 70 tahun hidup bersama suaminya Amaq Rawisyah  yang menderita lumpuh sejak 7 tahun lalu tidak bisa untuk mencari nafkah untuk keluarganya. Implementasi Revolusi Mental yang dilaksanakan telah dapat menyentuh secara langsung kepada saudara kita yang membutuhkan, tidak hanya dapat membuat orang lain bahagia tapi yakinlah dapat imbalan yang berlipat-lipat dari tuhan semata-mata mengaharapkan Ridho Tuhan.

Anggota menyambangi Masjid Agung Al-Mutaqin di wilayah Mayura Cakranegara berbincang-bincang bersama jamaah masjid.

Tidak hanya itu untuk membangun komunikasi yang baik, anggota menyambangi Masjid Agung Al-Mutaqin di wilayah Mayura Cakranegara berbincang-bincang bersama jamaah masjid memberikan penjelasan prihal-prihal telah maraknya paham-paham kelompok radikal dan anti pancasila yang berusaha mempengaruhi lapisan-lapisan masyarakat kita. Nah, guna mengantisipasi hal tersebut patroli Dalmas Polda NTB gencar mensosialisasikan akan bahayanya bila telah terpengaruh. Tidak hanya itu saja anggota juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih selektif dalam menerima ceramah ataupun ajakan yang bersifat radikal dan anti kebangsaan. Karena sekarang musimnya Pilkada maka banyak kelompok yang memanfaatkan kesempatan untuk memperoleh simpati yang mengatas namakan agama dan dapat pula merembet ke bidang ekonomi, sosial, budaya, dan lain-lainnya. Marilah kita sama-sama berdoa agar tetap diberikan situasi kamtibmas yang aman dan damai, guna mengabulkan doa itulah kami Polisi hadir memberikan jaminan keamanan bagi rakyat NTB. (Operator Mustang)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close