Penguatan Harkamtibmas dan Penggelaran Pasukan di Daerah Rawan Balap Liar

Mataram – Dit Sabhara Polda NTB. Penjagaan merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh anggota Polri untuk memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan dalam rangka memelihara keselamatan jiwa dan keamanan harta benda. Penjagaan dapat dilakukan di berbagai lokasi, seperti di Markas, perkantoran, ditempat tahanan, dan obyek tertentu lainnya. Adapun tujuan dari penjagaan, yaitu:
– menciptakan, memelihara, dan menjaga situasi yang mantap, terkendali dan dinamis dalam rangka memelihara kamtibmas;
– memelihara, menjaga, dan mengamankan keselamatan orang/jiwa raga dan harta benda;
– terpelihara dan terciptanya ketaatan warga negara dan masyarakat terhadap peraturan yang berlaku dalam rangka mewujudkan tegak dan tertib hukum dalam masyarakat.

Untuk menanggapi hal tersebut, Sabtu 27 Februari  2017 , Ton 2 Ki 1 Subdit Dalmas , Dit Sabhara Polda NTB , yang dipimpin langsung oleh BRIPKA IMBING SUSANTO kami melaksanakan patroli rutin dengan mengunjungi beberapa tempat seperti perumahan, daerah kandang kumpul dan daerah balap liar.

Diawali dengan patroli di daerah Perumahan. Anggota patroli melaksanakan patroli rutin dengan melaksanakan mengunjungi Perumahan Crystal Regency kemudian dilokasi tersebut anggota berdialogis dengan petugas jaga yang sedang bertugas dan para security pun merasa terbantu karena adanya polisi patroli. Berdasarkan hasil patroli di perumahan ini, situasi kamtibmas aman dan kondusif. Sekaligus anggota patroli menghimbau agar selalu waspada terhadap tindakan-tindakan 3C dan anggota patroli memberikan pesan pesan kamtibmas kepada security/satpam yang berjaga.

anggota patroli Ton 2 Ki 1 berdialogis dengan security Crystal Regency

Selanjutnya anggota patroli menuju ke daerah kandang kumpul. Dan tidak jarang kandang kumpul menjadi sasaran bagi para pelaku tindak kejahatan, dengan memanfaatkan situasi dan kondisi yang sepi terutama pada jam-jam rawan yaitu malam dan dini hari,  oleh karena hal itu kami melaksanakan patroli dialogis pada salah satu kandang kumpul yang berada di wilayah Majeluk,Mataram. Berdialogis dengan pemilik dan penjaga kandang kumpul tersebut,  sekaligus bersilaturahmi dan mendengarkan saran serta keluh kesah , tidak lupa pula kami memberikan pesan-pesan kamtibmas agar kita bahu membahu bersama-sama ikut berpartisipasi meningkatkan kewaspadaan terhadap modus-modus tindak kejahatan yang kian beragam,  karena dengan bersama-sama kita peduli kita dapat mempersempit ruang gerak serta niat dari para oknum oknum tindak kejahatan. Menurut info yang anggota patroli dapat,seringnya terjadi kehilangan hewan ternak di kandang dan biasanya terjadi di jam 03.00 dan 04.00 Wita dan anggota patroli menghimbau agar memperketat penjagaan di daerah tersebut.

anggota patroli Ton 2 Ki 1 memberikan himbauan kepada pemilik kandang kumpul di Majeluk

Kemudian anggota patroli melaksanakan patroli ke Jalan Lingkar Selatan. Anggota patroli melaksanakan penggelaran pasukan berseragam untuk mengantisipasi balap liar. Mengingat di daerah tersebut,biasanya dijadikan tempat balap liar oleh anak anak muda. Pihak kepolisian yang menerima laporan dari masyarakat terkait seringnya diadakan balap liar dijalan Jalan Lingkar Selatan, kondisi jalan yang mulus dan sepi sering dimanfaatkan oleh anak – anak muda untuk memacu kendaraannya dengan kencang untuk balapan. Anggota patroli akan terus melakukan kegiatan seperti ini untuk mengurangi balapan – balapan liar yang sering diadakan oleh anak – anak muda yang  kerap meresahkan masyarakat yang tinggal disekitarannya tersebut.

anggota patroli Ton 2 Ki 1 melaksanakan penggelaran pasukan di daerah rawan balap liar

Jadi, diharapkan dengan adanya kehadiran anggota polri yang lebih khususnya anggota patroli yang selalu siap setiap saat untuk membantu dan  melayani masyarakat yang membutuhkan kehadiran polri di tengahtengah masyarakat agar merasa aman. Semoga anggota Polri dapat selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat NTB yang lebih khususnya di Kota Mataram. (m.m)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close