Tunjangan Istri/Suami

tunjangan istri/suami

Jika seorang pegawai negeri telah menikah secara sah, maka pegawai negeri yang bersangkutan berhak untuk mendapatkan tunjangan istri/suami. Besarnya tunjangan suami/istri adalah 10% dari gaji pokok dan diberikan hanya kepada satu istri/suami yang sah. Jadi, seandainya seorang pegawai negeri mempunyai lebih dari satu istri, maka hanya dapat dibayarkan satu tunjangan istri sebesar 10%.

Untuk memperoleh tunjangan istri, pegawai yang bersangkutan harus membuktikannya dengan surat nikah/akta nikah dari Kantor Urusan Agama atau Kantor Catatan Sipil. Selanjutnya surat/akta nikah tersebut diserahkan kepada Urusan Kepegawaian kantor pegawai yang bersangkutan untuk dibuatkan Kartu Permohonan Penambahan Penghasilan PNS (KP4). Selanjutnya KP4 ini diberikan kepada pembuat daftar gaji/ Petugas Pengelola Adminidtrasi Belanja Pegawai (PPABP) agar gaji pegawai yang bersangkutan disesuaikan dengan status pernikahannya.

Jika suami/istri sama-sama pegawai negeri, maka tunjangan istri/suami hanya diberikan kepada salah satunya, tidak bisa diberikan kepada kedua-duanya.

Sebagai contoh, si A seorang laki-laki yang menikah dengan si B perempuan. Keduanya merupakan pegawai negeri. Jika si A (suami) sudah mengusulkan dan mendapat tunjangan istri, maka si B (istri) sudah tidak diperbolehkan lagi untuk mengusulkan dan mendapat tunjangan suami. Dan begitu pula sebaliknya.

Akan tetapi jika ternyata gaji pokok B (istri) lebih besar dari pada gaji pokok A (suami), maka tunjangan istri yang diterima oleh si A (suami) bisa dihapuskan, lalu dipindahkan ke si B (istri) menjadi tunjangan suami, supaya tunjangan yang diterima lebih besar.

Tunjangan Istri/Suami tidak diberikan lagi jika pegawai negeri yang bersangkutan bercerai atau istri/suaminya meninggal dunia. Tunjangan istri/suami tersebut diberhentikan bulan berikutnya setelah terjadi perceraian atau si istri/suami meninggal dunia.(edo-keu)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close