Produksi Makanan Ringan Tanpa Ijin, Polisi Amankan Sebuah Rumah di Narmada

Kasubdit I Reskrimsus Polda NTB AKBP Boyke Karel

Mataram – Subdit I Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda NTB berhasil mengamankan sebuah rumah yang diduga dijadikan sebagai tempat memproduksi makanan ringan (anak – anak) yang tidak memiliki ijin usaha industri, pada hari Kamis(23/2) pukul 10.25 Wita di Dusun Selat Barat, Desa Selat, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Kasubdit I Reskrimsus Polda NTB AKBP Boyke Karel Watimena saat melakukan press release di TKP Desa Selat, Kecamatan Narmada, Senin (27/2) menjelaskan tentang keberhasilan pihaknya mengungkap dugaan kegiatan produksi, pengemasan dan perdagangan makanan anak – anak (makanan ringan) yang tidak memenuhi persyaratan perundang – undangan.

“Kami telah melakukan pengungkapan terhadap adanya dugaan produksi dan mengemas serta memperdagangkan makanan anak – anak yang tidak sesuai dengan ketentuan,” ujarnya.

Dugaan sementara pelaku melakukan tiga jenis pelanggaran dalam menjalankan usahanya.

“Indikasi yang kami temukan saat ini adalah bahwa yang bersangkutan, satu tidak memiliki ijin terkait industrinya sendiri, yang kedua dia tidak memiliki ijin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) yang tertera dalam kemasan, yang ketiga, dalam kemasan itu tertera perusahaan yang memproduksi Niaga Snack Jawa Timur, sementara sesuai ijin yang dimiliki oleh yang bersangkutan perusahaannya ada di Lombok Barat, NTB,” jelasnya.

Pihak Dit Reskrimsus Polda NTB telah mengamankan semua barang – barang yang ada di TKP, baik itu bahan makanan ataupun makanan yang telah dikemas dan peralatan mesin yang ada dengan memasang garis polisi (police line). Namun sampai dengan saat ini pihak kepolisian belum menetapkan pelaku.

“Sementara pelaku belum kita tetapkan, nanti kita berkoordinasi dengan instansi terkait, Disperindag, Balai POM dan Dinas Kesehatan, setelah itu baru nanti kami akan menetapkan pelaku, yang jelas pemiliknya atas nama ZM” tandasnya. [hoff]

AKBP Boyke Karel menunjukkan proses produksi makanan ringan

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close