Minimalisasi Korban Pecinta Tracking Gunung Rinjani Bhabinkamtibmas kerjasama dengan Badan SAR

Tanjung 27/2 –  Banyaknya korban dari Pecinta Pendaki Gunung Rinjani yang meninggal dan kecelakaan di Jalur Pendakian menjadi perhatian tersendiri bagi Badan SAR Nasional wilayah NTB, TNGR, APGI dan Bhabinkamtibmas setempat.

 

Demi memberikan rasa aman dan nyaman untuk tamu yang berkunjung ke Taman Wisata Gunung Rinjani Badan SAR Nasional memberikan Pelatihan Kepada Guide dan Porter di Resort senaru hari ini, yang diikuti oleh komunitas Guide dan Porter sepulau Lombok, dihadiri juga oleh AsosiasiPemandu Gunung Indonesia (APGI) dari Jakarta.

 

Berkaitan dengan hal ini Bhabinkamtibmas desa senaru Bripka I Nengah Agus Suartana pun ikut serta dalam kegiatan tersebut, karena bagaimanapun juga sebagai anggota polri di desa binaannya, tentunya menginginkan desa binaannya tetap aman dan juga dikenal oleh wisatawan local dan mancanegara sebagai desa yang aman untuk dikunjungi.

 

Menurut keterangan dari bapak Ida Bagus Ngurah Asrama pada saat memberikan penjelasan kepada peserta pelatihan, “pelatihan bertujuan untuk agar  para Guide dan Porter  menjadi pemandu yang tangkas dan handal dilapangan  pada saat pendakian bersama tamu/tourist, setidaknya mampu memberikan Pertolongan Pertama Kepada Korban (PPPK) yang tidak menutup kemungkinan mengalami patah tulang, lecet dll” ungkapnya.

 

“semoga dengan adanya pelatihan ini mampu memberikan Rasa Aman kepada para wisatawan local maupun asing karena memiliki guiede dan porter yang bisa diandalkan dilapangan” tambahnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close