Polisi Sasarkan Patroli di Perumahan Serta Antisipasi Balap Liar

Mataram – Anggota Kepolisian Subdit Gasum Dit Sabhara Polda NTB meningkatkan intensitas patroli di perumahan warga untuk menekan maraknya kasus pencurian di wilayah hukum Polda NTB. Anggota patroli Subdit Gasum bukan saja melaksanakan patroli pada malam hari, tapi juga pada siang hari karena pencurian bisa saja terjadi pada siang hari terutama pada saat penghuni rumah sedang pergi bekerja.
Kasus pencurian dengan modus berpura-pura mencari rumah kontrakan atau menanyakan alamat rumah, sering terjadi di beberapa daerah di NTB ini, khususnya kota Mataram trutama dilakukan pada siang hari. Para pelaku biasanya mengambil barang-barang yang mudah dibawa, seperti telephon genggam atau laptop yang ada di rumah.
Pada saat patroli anggota patroli Subdit Gasum regu 2 yang di pimpin oleh Danru Bripka Nyoman Oka Narayana beserta anggotanya juga menghimbau warga agar meningkatkan kewaspadaan terkait modus pencurian yang dilakukan pada siang hari saat rumah di tinggal bekerja oleh penghuninya.

Menurut Bripka Nyoman Oka Narayana, kewaspadaan masyarakat dapat membantu menekan terjadinya kasus pencurian, karena kasus pencurian itu terjadi akibat kelalaian masyarakat terhadap keamanan rumah dan barang miliknya.
‘’Begitu pula kasus pencurian kendaraan bermotor, rata-rata kendaraan bermotor di parkir sembarangan dan terkadang kunci kontaknya masih ada di motor, sehingga memberikan kesempatan pelaku kejahatan,’’ ucap Bripka Oka
Untuk menekan kasus pencurian di perlukan kerjasama antara pihak Kepolisian dengan masyarakat , selain meminta masyarakat juga agar secepatnya melaporkan ke pihak Kepolisian jika menjadi korban kejahatan.

Selanjutnya patroli malam hari yang dilaksanakan oleh anggota patroli Subdit Gasum regu 3 yang di pimpin oleh danru Bripka M.Syahri Ramadhan beserta 4 oarng anggotanya melaksanakan patroli di jalan baru Monjok berkoordinasi dengan instansi terkait guna mengantisipasi aksi balap liar yang sering dilakukan oleh para remaja di kawasan tersebut.

“Kegiatan ini rutin kita lakukan setiap hari, terutama malam minggu. Tujuannya, untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas,’’ ujar Bripka Ramadhan
Selain itu, mengantisipasi aksi balap liar yang dilakukan remaja. Serta untuk menekan aksi C3 (Curat, Curas dan Curanmor) aksi kriminal ditengah masyarakat.
Dikatakannya, dalam melakukan pencegahan balap liar dilakukan remaja terutama pelajar, pihaknya setiap Senin akan mendatangi sekolah untuk melakukan imbauan kepada para pelajar.
“Kami mengajak pelajar sejak dini agar tertib berlalu lintas dan melengkapi kendaraan roda dua dan menggunakan Helm Standar Nasional Indonesia (SNI) baik pengemudi maupun yang dibonceng,’’ ujarnya.
Pelajar juga diminta melengkapi komponen kendaraan seperti kaca spion kiri dan kanan. Plat kendaraan depan belakang serta tidak menggunakan knalpot racing.
Pihaknya berharap, orang tua dan para guru harus berperan aktif supaya menyampaikan kepada remaja agar tak melakukan aksi balap liar. (Operator Regu 3)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close