Sabhara Polda Tingkatkan Solidaritas Untuk Polri Yang Lebih Baik Kedepannya

Mataram – Tugas seorang anggota polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat tidaklah gampang. Apalagi dalam menghadapi masyarakat yang memiliki beragam karakter, budaya, kebiasaan, dsb yang berbeda-beda. Polri saat ini dituntut mampu menjadi mitra masyarakat yang bekerja dengan humanis (tidak anarkis), sopan (tidak arogan), dan tentunya tidak mempersulit masyarakat. Intinya sebagai anggota polri harus siap memenuhi berbagai tuntutan masyarakat yang beragam dengan memberikan pelayanan terbaik. Sabhara sebagai salah satu fungsi kepolisian yang langsung berhadapan dengan masyarakat tak lepas dari tugas di atas. Sebagai tulang punggungnya polri, sabhara harus selalu siap mengahadapi segala permasalahan dan konflik yang ada di masyarakat dengan baik.

Untuk memenuhi tuntutan tugas tersebut, hari ini (25/02) anggota dit Sabhara Polda NTB Ton 3/1 yang berada dibawah arahan Bripka I Komang Alit Tripiana melaksanakan patroli dialogis ke beberapa daerah di Mataram dan Lombok Barat untuk mengantisipasi aksi 3C. Disamping itu, anggota juga memberikan empati berisi kebutuhan pokok kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan karena terbentur dengan masalah ekonomi.

Anggota ton 3/1 mula-mula memberikan empati kepada Papuq Ilam, yang berusia +- 100 tahun, alamat Rembige, Mataram. Beliau merupakan seorang janda yang tidak mempunyai anak kandung. Beliau tinggal bersama anak angkatnya selama puluhan tahun. Meskipun hidup dengan berbagai ujian, beliau tetap sabar dan ikhlas dengan apa yang Tuhan berikan kepadanya. Beranjak dari kediaman Papuq Ilam, anggota ton 3/1 melanjutkan patroli dengan memberikan empati kepada Papuq Pulasari yang berusia 78 tahun, tidak memiliki pekerjaan tetap, beliau hanya berharap belas kasih tetangga sekitarnya. Beliau bertempat tinggal di Carik Kauh, Dasan Tapen, Gerung, Lobar.

  

Setelah memberikan empati kepada Papuq Ilam dan Papuq Pulasari, anggota melajutkan patroli ke tujuan berikutnya. Ditengah perjalanan terdengar kumandang azan Zuhur yang menandakan waktu solat telah tiba. Anggota yang beragama Islam bergegas turun dari kendaraan untuk  melaksanakan ibadah sholat Dzuhur di masjid Raudhatul Jannah Pagutan.

  

Selepas melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim, anggota ton 3 ki 1 melanjutkan patroli siang ini menuju Pure Batu Bolong. Kebetulan di lokasi tersebut sedang berlangsung acara persembahyangan bagi umat Hindu. Anggota yang tiba di lokasi diharapkan mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang sedang beribadah. Anggota juga berdialog dengan tukang parkir di sekitar pure agar selalu meningkatkan kewaspadaan mengingat banyaknya aksi kejahatan yang terjadi terutama curanmor yang meresahkan masyarakat. Selain itu, anggota juga menghimbau agar memarkirkan kendaraan dengan rapi agar tidak mengganggu arus lalu lintas yang melintas.

  

Selanjutnya anggota melaksanakan patroli dan pengamanan giat masyarakat HINDU yang melaksanakan ibadah di pantai Tanjungkarang Ampenan. Anggota juga berdialog dengan panitia dan para pecalang pada giat tersebut, anggota memberikan himbauan-himbauan kamtibmas agara kegiatan tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar.

  

Mari kita bersama-sama menjaga kerukunan antar umat beragama khusus nya diwilayah NTB ini agar tercipatanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. (Ton 3/1)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close