Sabhara Polda NTB Hadir di Tengah-Tengah Kaum Minoritas

Mataram – Dit Sabhara Polda NTB. Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun Baru Saka. Hari dimana  jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang dipercayai merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup. Untuk itu umat Hindu melakukan pemujaan suci terhadap mereka. Tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia/microcosmos) dan Bhuana Agung/macrocosmos (alam semesta). Sebelum Hari Raya Nyepi, terdapat beberapa rangkaian upacara yang dilakukan umat Hindu, khususnya di daerah Lombok.

Untuk menghadapi dan memperingati hari Raya Nyepi 1939 Caka yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2017 yang akan datang, Dit Sabhara Polda NTB Subdit Dalmas Ton 2 Ki 1 yang dipimpin oleh Bripka Imbing Susanto untuk melaksanakan patroli dialogis di Taman Loang Baloq. Taman loang baloq yang akan di jadikan tempat persembahyangan (ngeruak) untuk menyambut hari raya Nyepi oleh Umat Agama Hindu di pulau Lombok.

Anggota melaksanakan dialogis dengan pecalang/keamanan adat guna membantu mempersiapkan upacara persembahyangan (ngeruak) untuk menyambut Hari Raya Nyepi 1939 Caka. Tak lupa anggota patroli memberikan himbauan kepada masyarakat agar selalu menjaga kamtibmas sehingga terciptanya keharmonisan dalam beragama dan berbangsa. Sekaligus anggota patroli membantu pecalang/keamanan adat pengaturan lalu lintas yang ada di depan taman loang baloq agar tidak terjadi kemacetan yang cukup panjang. Acara yang akan di laksanakan pada hari raya nyepi akan dipadati oleh umat minoritas yang berkisar kurang lebih 1000 pengunjung akan memadati Taman Loang Baloq.

anggota patroli Ton 2 KI 1 melaksanakan pengaturan lalu lintas
anggota patroli berdialogis dengan pecalang

Semoga dengan hadirnya kepolisian di tengah-tengah masyarakat yang lebih khususnya kelompok minoritas dapat merasa aman,nyaman,terlindungi dan khidmat dalam melaksanakan upacara keagamaannya. Tidak lupa dalam pemberian apel konsolidasi setelah pelaksanaan tugas patroli BRIPKA IMBING berpesan “keharmonisan dalam beragama dapat memberikan pandangan hidup dan acuan dalam menciptakan keselarasan dalam menjaga kestabilitas kamtibmas.” (m.m)

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close