Gelombang Tinggi, KSOP Lembar Tutup Sementara Pelayanan Penyebrangan

Lembar- Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan Lembar, kemarin selasa (7/2) sekitar pukul 16.00 Wita menutup sementara pelayanan penyebrangan jalur lintas Lembar-Padang Bay mengingat cuaca di tengah laut kurang bersahabat, tinggi gelombang laut mencapai 3 meter disertai dengan angin kencang.

Penutupan sementara ini dilakukan demi keselamatan dalam berlayar, karena menurut perkiraan cuaca dari BMKG akan terjadi gelombang tinggi dan angin kencang sehingga seluruh pelabuhan wilayah timur ditutup. Penutupan ini berdasarkan hasil rapat di ruang kantor Otoritas Pelabuhan Penyebrangan (OPP) Lembar yang dipimpin langsung oleh Kepala KSOP Lembar dan dihadiri oleh semua Kepala Cabang Pelayaran yang ada di pelabuhan Lembar.

Selain dari perkiraan BMKG penutupan ini juga berdasarkan informasi dari OPP Padang Bay Bali, dimana kapal yang berangkat dari Pelabuhan Lembar menuju Padang Bay kedatangannya terlambat 1 jam dan keterangan dari Nahkoda Kapal keterlambatan tersebut dikarenakan gelombang tinggi dan anging kencang yang mengakibatkan kapal oleng saat dihantam ombak dan ombang-ambing di tengah laut sampai kapal menyisir kepinggir pantai.

Sekitar pukul 20.00 Wita petugas Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Lembar melalui pengeras suara memberiathukan bahwa aktivitas penyebrangan di Pelabuhan Lembar kembali dibuka. Dibukanya kembali aktivitas pelayaran ini terkait informasi dari Nahkoda KMP Naraya yang mengatakan situasi laut sementara ini gelombangnya sekitar 1 sampai 2 meter dan masih bisa diatasi.

Kepala Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) Lembar Ipda Jasa Yulianto menyampaikan “Mulai jam 8 malam kemarin pelabuhan sudah dibuka kembali namun tidak menutup kemungkinan bisa ditutup kembali apabila gelombang laut kembali tinggi”. Dikhawatirkan apabila terjadi penutupan pelabuhan yang lebih lama kemungkinan akan terjadinya penumpukan jumlah penumpang dan kendaraan di parkiran pelabuhan hingga ke jalan yang bisa menimbulkan kemacetan, Untuk mengantisipasi hal tersebut Kepala KP3 Lembar melakukan koordinasi dengan stakeholder yang ada di Pelabuhan lembar. “Untuk mengantisipasi hal tersebut kita sudah bersurat ke satuan atas untuk membackup pengamanan bila terjadi penumpukan penumpang” imbuh Yulianto. (yos/wea)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close