Pengamanan Perayaan Imlek Lancar, Situasi Aman dan Kondusif

Mataram – Direktorat Sabhara Polda NTB beserta Polres jajaran melaksanakan kegiatan Pengamanan Perayaan Imlek dengan melakukan cipkon atau cipta kondisi yang dimulai dari tanggal 26 Januari atau tiga hari sebelum hari perayaan hingga tanggal 31 Januari. Kegiatan cipkon tersebut dilaksanakan dengan mengintensifkan kegiatan turjawali (pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli) di sekitar vihara, tempat keagamaan, atau tempat-tempat masyarakat tionghoa melaksanakan perayaan Imlek.

Wadir Sabhara Polda NTB AKBP Purnama kepada media tribratanews.ntb.polri.go.id menuturkan, bahwa personil Direktorat Sabhara Polda NTB telah diatur untuk ditugaskan melaksanakan patroli dialogis dalam rangka peningkatan intensitas kegiatan kepolisian ke titik-titik sekitar tempat perayaan baik sebelum hari perayaan maupun pada saat hari perayaan dengan maksud pencegahan terhadap terjadinya hal-hal yang akan memicu keributan sehingga situasi keamanan tetap stabil.

Personil Dit Sabhara Polda NTB melakukan patroli dialogis
Personil Dit Sabhara Polda NTB melakukan patroli dialogis

“Kita melaksanakan kegiatan insidentil terutama dalam pengamanan perayaan Imlek, dengan melakukan patroli dialogis, bertatap muka dengan masyarakat, menyambangi vihara-vihara yang ada di sekitar Mataram dan Lombok Barat maupun di wilayah Polres lain agar terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat.” Ujar AKBP Purnama.

“Kemudian, saat kegiatan keagamaan kita berkoordinasi dengan mem-back up atau membantu Polres Mataram pada kegiatan persembahyangan, jadi semuanya dalam rangka pemeliharaan kamtibmas. Ya Alhamdulillah kita dapat mengupayakan situasi dan kondisi sehingga kondusif dan masyarakat tionghoa dapat melaksanakan kegiatan perayaan imlek dengan rasa aman.” Sambung Wadir Sabhara saat diwawancara di ruang kerjanya pagi tadi (31/1) sekitar pukul 09.30 wita. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close