KENAKALAN REMAJA CEGAH DENGAN MENGGELAR PASUKAN BERSERAGAM

penggelaran pasukan berseragam di jalan monjok baru

Tribratanewsntb.com-mataram 28/01/17, Dewasa ini kenakalan remaja yang sedang hangat dibicarakan baik dari segi faktor penyebab dan cara penanggulangannya yakni balapan liar sepeda motor. Balapan liar adalah kegiatan beradu cepat kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil, yang dilakukan diatas lintasan umum. Artinya kegiatan ini sama sekali tidak digelar dilintasan balap resmi, melainkan di jalan raya. Biasanya kegiatan ini dilakukan pada tengah malam sampai menjelang pagi saat suasana jalan raya sudah mulai lenggang. Hal ini secara tegas dinyatakan dalam Pasal 115 dan pasal 297 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009,tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Faktor penyebab remaja melakukan balapan liar dengan sepeda motor di jalan raya adalah pergaulan lingkungan anak yang bebas penuh dengan uji coba khususnya nyali di jalan raya serta taruhan antar bengkel sepeda motor.

Oleh karenanya menanggapi maraknya aksi balap liar seperti ini yang di lakukan oleh kelompok remaja terutama pada sabtu malam/malam minggu , Ton 2 Ki 1 yang di pimpin langsung oleh Bripka Imbing Susanto dalam pelakasanaan giat patroli malam tadi melaksanakan pembubaran dan antisipasi aksi balap liar di sejumlah titik yang rawan terjadi balap liar di kota mataram, yang di antarannya seperti Jalan Baru Monjok

anggota dalmas memberikan teguran kepada pelanggar lalu lintas

Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari PROMOTER KAPOLRI yaitu  penguatan harkamtibmas dengan melaksanakan penggelaran personel berseragam di daerah rawan yang dapat mengganggu ketertiban umum,salah satunya yaitu adanya aksi balap liar yang meresahkan pengguna jalan serta warga lainnya. Dalam kegiatan tersebut terdapat sejumlah kendaraan yang tidak lengkap baik surat-surat maupun kelengkapan kendaraan lainnya, beberapa motor yang tertangkap dan memiliki surat-surat serta kelengkapan. Kami memberikan teguran agar tidak mengulangi kegiatan tersebut.

angota patroli memberikan himbauan kepada para remaja

Akhirnya dalam pelakasanaan apel Konsolidasi setelah pelaksanaan patroli Bripka Imbing berpesan “jadilah seorang yang taat dan tertib berlalu lintas dan jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas bagi masyarakat”.   (M.M)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close