SABHARA AMANKAN AKSI UNJUK RASA MENOLAK KEDATANGAN RIZIEQ SHIHAB DI NUSA TENGGARA BARAT

26 Januari, 2017
208 Views

Mataram- Kamis (26/01) anggota dit Sabhara Polda NTB bersama Sat Sabhara Res Mataram melaksanakan pengamanan aksi unjuk rasa damai yang dilakukan sekelompok massa yang tergabung dalam Aliansi Kebangsaan Nusa Tenggara Barat di depan Mapolda NTB. Aksi unjuk rasa yang dilaksanakan oleh ratusan orang dari seluruh kabupaten di Nusa Tenggara Barat ini dilaksanakan tidak lain menyangkut kedatangan Rizieq Shihab ke NTB. Massa yang terlibat dalam unras ini secara tegas menolak kedatangan Rizieq Shihab selaku ketua FPI yang dianggap menjadi provokator pemecah belah bangsa. Mereka meminta kepada pihak kepolisian untuk tidak mengeluarkan surat izin pelaksanaan acara Tabligh Akbar yang dipimpin langsung oleh Rizieq Shihab di NTB tepatnya di kabupaten Lombok Tengah yang rencananya akan berlangsung hari Minggu ini.
 
“Kami meminta kepada pihak kepolisian untuk tidak mengeluarkan izin kepada Rizieq Shihab, karena Rizieq Shihab adalah provokator yang dapat memecah belah masyarakat di NTB yang sejauh ini sudah hidup dengan aman, damai serta penuh toleransi dalam keberagaman”, ungkap salah seorang orator.
Menanggapi aksi orasi tersebut, kapolda NTB yang diwakili oleh Wadir Binmas menyampaikan kepada massa unjuk rasa bahwa surat izin acara Tabligh Akbar sudah dikeluarkan, namun jika dalam pelaksaannya nanti terdapat hal-hal yang dinilai mampu memicu terjadinya konflik, pihak kepolisian siap dengan tegas menghentikan acara tersebut.
“ Kami siap mengawal jalannya kegiatan Tabligh Akbar tersebut, nanti kami kerahkan personel untuk mencegah terjadinya kontak fisik maupun keributan dalam kegiatan tersebut” jelas Wadir Binmas.
 
Setelah mendengar penyampaian keputusan dari pihak kepolisian tersebut, aksi unjuk rasa yang berlangsung sekitar 45 menit ini berangsur bubar meninggalkan lokasi dan bergerak menuju kantor gubernur. Anggota Dit Sabhara Polda NTB yang terdiri dari empat pleton pun kembali ke mako dengan dalam situasi yang tertib, aman dan kondusif.

Selanjutnya, anggota dit Sabhara Polda NTB bersama dengan para Kasat Sabhara dan beberapa anggota polres jajaran melaksanakan latihan pemakaian kendaraan raimas dan penggunaan sanjata flashball dalam menunjang kegiatan kepolisian. Kombes Pol Harries Budiharto S.I.K M.S.i , selaku direktur sabhara membuka secara langsung kegiatan yang berlangsung dari pukul 09.00 WITA ini.

Setelah itu, anggota sabhara polda NTB menjelaskan sekaligus mempraktikkan secara langsung berbagai formasi kendaraan raimas dalam mengamankan aksi unjuk rasa maupun dalam kegiatan pengawalan.

 

Anggota dit Sabhara polda NTB dan anggota polres jajaran juga mempelajari tentang cara-cara penggunan senjata flash ball, macam-macam senjata flash ball dan jenis-jenis peluru yang digunakan dalam mengamankan aksi unras yang berujung anarkis.
 
Kegiatan semacam ini dilakukan untuk melatih dan mempersiapkan setiap anggota Sabhara baik perorangan maupun dalam ikatan pleton dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi saat aksi unras. Selain itu, untuk menyamakan persepsi antara polda dengan polres jajaran dalam penggunaan alat-alat kepolisian yang tersedia. (Ton 3 Ki 1)

You may be interested

Karo SDM Pastikan Pengembangan Karier di Polda NTB Transparan
Headline
shares4 views
Headline
shares4 views

Karo SDM Pastikan Pengembangan Karier di Polda NTB Transparan

adminpolda 7 - Des 12, 2017

[caption id="attachment_44570" align="alignnone" width="600"] Karo SDM Polda NTB Kombes Pol. Eka Satria Bhakti, SIK saat memberikan sambutan[/caption] Mataram - Kepala…

Kakek 70 tahun,Tega Cabuli bocah 13 tahun
Headline
shares8 views
Headline
shares8 views

Kakek 70 tahun,Tega Cabuli bocah 13 tahun

Polres Kab Sumbawa Barat - Des 12, 2017

Taliwang_Sungguh malang nasib SB, bocah 13 tahun ini  harus menjadi korban kejahatan seksusal  dari kakek MT (70 tahun) yang tidak…

Ngamuk Di Pasar, Preman ini Malah “Nangis” Saat Akan Ditangkap Polisi
Binkam
shares8 views
Binkam
shares8 views

Ngamuk Di Pasar, Preman ini Malah “Nangis” Saat Akan Ditangkap Polisi

Polres Dompu - Des 12, 2017

[caption id="attachment_44563" align="alignnone" width="300"] Salah seorang preman saat akan ditangkap sehabis mengamuk dipasar[/caption] Dompu - Sejatinya seorang preman berbadan tegap…

Leave a Comment

Your email address will not be published.