Demi Kinerja Optimal, Dit Sabhara Polda NTB Tingkatkan Keterampilan Penggunaan Senjata Teknologi Baru

Mataram – Tuntutan kerja yang kian kompleks, apalagi melihat perkembangan situasi dalam negeri yang sudah semakin beragam tindak kriminalitasnya menjadi perhatian yang serius bagi para petinggi Polri untuk menemukan suatu solusi khususnya dalam melakukan tindakan preventif kepada para pelaku kejahatan.

Untuk itu, Direktorat Sabhara Polda NTB menggelar pelatihan kepada seluruh personil sabhara beserta polres jajaran, tujuannya untuk meningkatkan keterampilan dalam menggunakan senjata teknologi baru agar pelaksanaan tugas kepolisian khususnya pengemban fungsi sabhara dalam prakteknya di lapangan menjadi lebih optimal.

Instruktur Sabhara Polda NTB memberikan penjelasan mengenai penggunaan senjata Pepper Gun
Instruktur Sabhara Polda NTB memberikan penjelasan mengenai penggunaan senjata Pepper Gun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Senjata teknologi baru yang dimaksud adalah senjata elektrik multifungsi yaitu PhaZZer Enforcer II dan Pepper Gun. Senjata elektrik yang beramunisi jarum kemudian dialiri arus listrik ini dapat melumpuhkan saraf motorik pada tubuh manusia sedangkan Pepper Gun yang beramunisi merica untuk melumpuhkan saraf sensorik, hal ini bertujuan untuk meminimalisir resiko kematian pada pelaku kejahatan dengan memberikan rasa sakit yang tidak permanen namun tetap efektif dalam melumpuhkan.

Wakil Direktur Sabhara Polda NTB AKBP Purnama menjelaskan bahwa hal tersebut terkait dengan kebijakan Kapolri yang termaktub dalam commander wish Kapolri tentang polisi yang humanis.

“Jadi senjata yang digunakan juga diupayakan yang sehumanis mungkin namun tidak menimbulkan kesan lemah. Juga untuk mengurangi kesalahan prosedur, penyimpangan atau sebagainya yg melanggar hak asasi manusia jika terjadi salah tembak atau salah sasaran sehingga meminimalisir tuntutan HAM dari masyarakat.” Tutur AKBP Purnama kepada media tribratanews.ntb.polri.go.id saat diwawancarai di ruang kerjanya pagi tadi (26/1) sekitar pukul 10.00 wita. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close