Polda NTB : Penerimaan SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana) TA 2017 Telah Dibuka, Berikut Jurusan yang Diterima

Mataram – Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/164/I/2017 tanggal 23 Januari 2017 tentang seleksi penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) T.A. 2017, Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda NTB membuka pendaftaran bagi lulusan sarjana yang ingin berkarier dalam tubuh Polri pada level perwira yang dibuka mulai tanggal 25 Januari sampai dengan 28 Februari 2017, dan akan memulai pendidikan pada tanggal 29 Maret 2017 dengan lama pendidikan yakni 6 bulan.

Kabag Dalpers Biro SDM Polda NTB AKBP Yulian Perdana kepada media tribratanewsntb menuturkan, bahwa hari ini (25/1) telah dibuka pendaftaran bagi lulusan sarjana baik secara online melalui website www.penerimaan.polri.go.id maupun dengan mendatangi langsung panitia daerah yaitu di kantor Biro SDM Polda NTB untuk mengisi formulir dan mengumpulkan kelengkapan administrasi.

“Kita telah menggalakkan sosialisasi baik itu di ikatan-ikatan alumni perguruan tinggi, di tempat-tempat pelayanan publik, di tempat-tempat yang mudah diakses oleh masyarakat misalnya ATM, spanduk, kemudian juga, sosialisasi secara face to face dengan menyambangi masyarakat di Pulau Lombok maupun Pulau Sumbawa.” Ujar AKBP Yulian Perdana.

AKBP Yulian Perdana juga menjelaskan, seleksi akan menggunakan sistem gugur dengan melalui dua tahapan yaitu tahap pertama, tingkat daerah yang meliputi, Pemeriksaan Administrasi, Pemeriksaan Kesehatan tahap I, Tes Psikologi tertulis  dan Kesehatan tahap II. Kemudain tahap kedua akan dilaksanakan di tingkat pusat yang meliputi, Pemeriksaan Administrasi, Pemeriksaan Kesehatan, Pendalaman Mental dan Kepribadian dengan wawancara, Uji Akademik, Uji Kompetensi Bidang Kemampuan dan Penentuan Kelulusan.

Adapun Program Studi (prodi) yang mendapat kesempatan bagi lulusan kesarjanaan untuk bergabung menjadi perwira Polri pada tahun ini ialah sebagai berikut :

  1. S2 Profesi Kedokteran Forensik
  2. S2 Profesi Psikologi
  3. S1 Profesi Kedokteran Umum
  4. S1 Profesi Kedokteran Gigi
  5. S1 Psikologi
  6. S1 Desain Grafis
  7. S1 Hubungan Internasional
  8. S1 Hukum Pidana
  9. S1 Ilmu Komunikasi (Jurnalistik)
  10. S1 Ilmu Komunikasi (Public Relation)
  11. S1 Ilmu Sejarah
  12. S1 Ilmu Kurikulum Pendidikan
  13. S1 Sistem Informasi
  14. S1 Seni Musik
  15. S1 Teknik Informatika (Jaringan)
  16. S1 Teknik Informatika (Sistem Multimedia)
  17. S1 Teknik Elektro
  18. S1 Teknik Sipil
  19. S1 Telekomunikasi
  20. S1 Teknik Nuklir
  21. S1 Metalurgi
  22. S1 Teknik Kimia
  23. S1 Sandi Negara
  24. D-IV Ahli Nautika tingkat III (wajib memiliki ijazah Ahli Nautika tingkat III dari Ditjen Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan Republik Indonesia)

Bagi lulusan yang berasal dari PTN/PTS dengan program studi yang terakreditasi “A” dengan IPK minimal 2,75 dan yang terakreditasi “B” dengan IPK minimal 3,00. Kemudian usia pada saat buka pendidikan yakni :

  1. Max 36 tahun untuk S-2 Profesi (29 Maret 1981)
  2. Max 29 tahun untuk S-1 Profesi (29 Maret 1988)
  3. Max 26 tahun untuk S-1 / D-IV (29 Maret 1991)

“SIPSS ini tujuannya, membentuk perwira-perwira yang bisa mendukung pelaksanaan operasional dilihat dari kompetensinya dan background akademiknya dan juga sebagai pimpinan di tubuh Polri yang diharapkan dengan kompetensinya tersebut bisa membuat perkembangan pelayanan dan operasional kepolisian menjadi lebih baik lagi.” Ucap Kabag Dalpers Biro SDM Polda NTB. (azi/gin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close