Dit Polair Gagalkan Pengiriman 1.300 buah Trumbu Karang Hidup ke luar NTB.

Kembali Tim Dit Polair Polda NTB Mengamankan 1.300 Buah Trumbu Karang Hidup / Karang Hias yang akan di kirim ke luar Lombok tujuan Bali dan Jatim.
Penangkapan ini dilakukan di Jalan Raya Pelabuhan Lembar Kec. Lembar pada Senin, 23 Januari 2017 sekitar pukul 04.00 Wita oleh Tim Gakkum Dit Polair Polda NTB.
Direktur Kepolisian Perairan Polda NTB Kombes Pol Edwin Rachmat Adikusumo menerangkan bahwa kejadian ini adalah bentuk impementasi tugas yang dilakukan oleh Dit Polair Polda NTB terhadap informasi/laporan dari masyarakat.
“Tentunya sekecil apapun informasi yang kami dapat dilapang, kami akan lakukan penyelidikan dan mengambil langkah yang tegas apabila adanya Penyimpangan/pelanggaran hukum didalamnya” ungkapnya.
Terbukti hasil penyelidikan tim gakkum Dit Polair Polda NTB terhadap informasi tersebut, mengamankan 1.300 (seribu tiga ratus) buah karang hias hidup yang dikemas menjadi 27 box yang diangkut menggunakan 1 (satu) unit Truck Hino dengan Nomor Polisi EA 8652 B.
Kasubdit Gakkum Dit Polair Polda NTB AKBP Cakhyo Dipo Alam, S.IK menambahkan “Kasus ini masih dalam proses dan kami akan kembangkan apabila ada kaitannya dengan kasus yang sama dengan penangkapan tahun lalu oleh Tim Gakkum Dit Polair Polda NTB dan kasus yang ditangani oleh Polda Bali pada tahun 2017 ini. Tentunya kami akan berkoordinasi pula dengan instansi terkait lainya untuk lakukan penindakan terhadap para pelaku karena ini bisa merusak ekosistem dan biota laut lainnya”
“Sementara ini pelaku akan kami jerat dengan pasal 31 ayat (1) dan/atau ayat (2) jo Pasal 6 UU RI No. 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan” imbuhnya.
Untuk melestarikan dan mencegah rusaknya terumbu karang tersebut Dit Polair Polda NTB berkoordinasi dengan Karantina Kelas I Mataram, DKP, BPSPL, BKSDA, dan memutuskan Barangbukti tersebut harus segera di lepaskan kehabitatnya (laut). Dan 1.300 (seribu tiga ratus) karang hidup tersebut di lepas di wilayah perairan Gili Goleng sekitar pukul 17.00 wita yang dihadiri oleh Perwakilan Karantina Kelas I Mataram, DKP, BPSPL, BKSDA serta Wartawan. (edw)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close