HUJAN TIDAK MENGURANGI NIAT KAMI MELAKSANAKAN PATROLI

23 Januari, 2017
86 Views

Tribratanewsntb.com- Mataram. Minggu 22 januari 2017. Pukul 22.00 WITA. Patroli Sabhara adalah tindakan pencegahan yang dilaksanakan dengan cara bergerak dari satu titik ke titik lainnya untuk memeriksa dan memastikan area atau wilayah yang dilalui dalam keadaan aman dan tertib. Untuk memastikan keamanan dan keselamatan petugas, disarankan pelaksaan patroli di lakukakan oleh 2 orang atau lebih. Kegiatan patroli adalah kegiatan sehari-hari bagi anggota Polri yang berdinas di Dit Sabhara termasuk anggota Dalmas Polda NTB yang merupakan ’’The Police Backbone’’, kehadiran Polisi di tengah-tengah masyarakat sangatlah diperlukan terlebih hadirnya mobil patroli dan lampu rotator berwarna biru yang menyala akan berdampak pada Kamtibmas di wilayahnya. Masyarakat akan merasa aman dan ruang gerak para pelaku kejahatan juga akan semakin dibatasi karena kehadiran patroli tersebut. Kegiatan Patroli tersebut sering juga diisi dengan patroli Dialogis dengan warga masyarakat yang dijumpai, hal ini selain ingin menujukan sikap humanis seorang anggota Polri namun juga di maksud untuk mendapatkan informasi dari masyarakat tentang kerawanan-kerawanan yang timbul di daerahnya. “ Kita sebagai anggota Polri jangan hanya menonjolkan penegakan hukum saja seperti penindakan Tilang atau oprasi-oprasi namun Polri juga harus melakukan patroli dialogis yang ’’Humanis.” Namun tidak semua orang merasa senang dengan kehadiran Mobil Patroli di wilayahnya, sebagaimana para pelaku kejahatan mereka merasa ruang gerak mereka dibatasi karena kejahatan dapat timbul apabila ada niat dan kesempatan, kesempatan ini lah yang semakin sempit akibat kehadiran Patroli tersebut.

anggota berdialogis dengan penjaga kandang kumpul

Oleh sebab itu subdit dalmas Ton 2 Ki 1 melaksanakan patroli rutin. Dingin nya malam karna hujan tidak membuat niat kami untuk melaksanakan tugas patroli,sebelum melaksanakan patroli, kegiatan di awali dengan apel di dalam Direktorat Sabhara Polda NTB untuk mengecek kekuatan personil dan mendengarkan arahan,dan do,a untuk mengawali tugas,piket pada hari ini di pimpin langsung oleh IPDA KASMA selaku Danton Ton 2 ki 1. Usai melaksanakan apel ,kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan patroli anggota patroli subdit dalmas langsung menuju kandang kumpul yang berada di narmada,kab,Lombok barat,bersama penjaga kandang anggota patroli subdit dalmas melakukan dialogis bersama penjaga kandang guna memberikan pesan-pesan kamtibmas agar bersama-sama meningkatkan kesadaran terhadap tindak kejahatan dan modus-modus tindak kejahatan yang kian beragam.

memberikan himbauan terhadap securty

mengisi buku mutasi komplek

Selanjut nya Ton 2 Ki 1 melanjutkan patroli dialogis dengan menyambangi daerah perumahan Sriwijaya Town Palace. Anggota patroli berdialogis dengan security setempat menyampaikan pesan-pesan kamtibmas agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan turut berpartisipasi bersama-sama menjaga kamtibmas yang lebih mantab.mengingat kondisi dan letak perumahan tersebut berada di daerah yang rawan,sehingga kewaspadaan harus di tingkatkan karna aksi-aksi kejahatan (3C) yang kian beragam.Terutama jam-jam rawan. Yaitu malam dan dini hari. Selanjut nya anggota patroli bergeser keperumahan Crystal Regency,Mataram. anggota patroli berdialogis dengan security setempat dan sekaligus kami bertukar fikiran masalah kamtibmas yang ada di perumahan tersebut. Dan kami memberikan himbauan jika ada hal yang mencurigakan dapat menghubungi kantor polisi terdekat.

memberikan himbauan kepada penjaga warnet

berdialogis dengan tukang parkir Wanet Spider Gomong

Kemudian anggota patroli bergeser ke Warnet Spider Gomong, Mataram. Kami memberikan himbauan kepada tukang parkir agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Sekaligus kami memberikan himbauan kepada penjaga warnet untuk menghimbau kepada pengunjung warnet agar selalu mengunci ganda kendaraan nya agar terhidar dari tindakan (3C).

Semoga dengan hadirnya anggota patroli subdit dalmas Ton 2 Ki 1 dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,serta dapat mengurangi tidakan kejahatan yang selalu meresahkan masyarakat yang ada di Nusa Tenggara Barat yang khususnya diwilayah kota mataram dan sekitar nya. (M.M)

 

You may be interested

Polisi Kantongi Nama Jaringan Pengedar Narkoba di Lombok Timur
Umum
shares4 views
Umum
shares4 views

Polisi Kantongi Nama Jaringan Pengedar Narkoba di Lombok Timur

adminpolda 2 - Agu 23, 2017

[caption id="attachment_37581" align="alignnone" width="1280"] release narkoba subdit III[/caption] Mataram - Diungkapkan Kasubdit III Dit. Res Narkoba Polda NTB AKBP Anak Agung…

Bandar Narkoba Paket Besar di Lombok Timur Diamankan Polisi
Reskrim
shares5 views
Reskrim
shares5 views

Bandar Narkoba Paket Besar di Lombok Timur Diamankan Polisi

adminpolda 2 - Agu 23, 2017

[caption id="attachment_37580" align="alignnone" width="700"] release narkoba subdit III[/caption] Mataram - Bandar narkoba jenis sabu berinisial JM (43) asal Dusun Mandar,…

Aksi Protes Pengukuran Dimensi Kendaraan di Pelabuhan Lembar Berlangsung Kondusif
Binkam
shares8 views
Binkam
shares8 views

Aksi Protes Pengukuran Dimensi Kendaraan di Pelabuhan Lembar Berlangsung Kondusif

Polres Lobar - Agu 23, 2017

Lembar- para sopir, pengurus Truck (Gapterbus) dan pemilik Ekspedisi di Pelabuhan Lembar protes terkait dengan penerapan tentang ukuran dimensi kendaraan(22/08).…

Leave a Comment

Your email address will not be published.